Sukses

Radiasi Juga Terdeteksi di Mobil Jepang

Tingkat radioaktivitas yang cukup tinggi ternyata juga terlacak pada puluhan mobil Jepang yang diekspor ke Rusia.

Liputan6.com, Vladivostok: Meski kondisi reaktor nuklir telah dinyatakan cukup stabil, tapi tingkat radiasi nuklir di PLTN Fukushima Daichii tetap mengkhawatirkan.

Tingkat radioaktivitas cukup tinggi bahkan terlacak pada puluhan mobil Jepang. Seperti diwartakan kantor berita Xinhua, Selasa (12/4), setidaknya 20 mobil kiriman Jepang yang diturunkan di pelabuhan Vladivostok di Timur, Rusia, menunjukkan radiasi yang berlebihan,

Sebuah tes yang dilakukan terhadap mobil pabrikan Jepang yang diberangkatkan dengan kapal "Asian Ice", menunjukkan paparan radiasi 1,5 sampai dua kali dari tingkat normal. Hal ini adalah pengiriman besar mobil pertama yangterdeteksi radioaktif. Mobil yang tidak memenuhi syarat keselamatan itu mungkin akan dikirim kembali ke Jepang.

Ini bukan pertama kalinya radiasi nuklir terdeteksi pada kendaraan. Sebelumnya, tingkat aktivitas radioaktif bahkan telah terdeteksi di helikopter Angkatan Darat Jepang. [baca: Tingkat Radiasi Nuklir Terdeteksi di Helikopter] (YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.