Sukses

Kim Jong-un: Korea Selatan Mengagumkan...

Kim Jong-un, memuji Korea Selatan atas jamuannya terhadap delegasi Korut selama Olimpiade Musim Dingin yang ia sebut mengagumkan.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memuji Korea Selatan atas jamuannya terhadap delegasi Korut selama Olimpiade Musim Dingin yang ia sebut "mengagumkan".

Media Korea Utara, KCNA, mengatakan bahwa Kim berterima kasih kepada Korea Selatan karena telah memprioritaskan Korut dalam Olimpiade Musim Dingin.

Dikutip dari BBC, Selasa (13/2/2018), komentarnya tersebut disampaikan setelah delegasi Korea Utara yang dipimpin oleh adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, pulang untuk melaporkan kunjungan mereka.

"Setelah menerima laporan delegasi, Kim Jong-un mengekspresikan kepuasannya," demikian laporan KCNA.

"Korea Selatan sangat mengesankan, yang secara khusus memprioritaskan kunjungan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK)... dan mengucapkan terima kasih untuk mereka," imbuh KCNA melaporkan ucapan terima kasih Kim Jong-un.

Kim Yo-jong dan Kim Yong-nam, merupakan delegasi Korea Utara paling senior yang mengunjungi Korea Selatan sejak Perang Korea pecah tahun 1950-an.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kim Jong-un Undang Presiden Korea Selatan

Lewat adik perempuannya, Kim Jong-un mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk mengunjungi Korea Utara dalam waktu dekat.

Hal ini tertera dalam surat yang dibawa oleh Kim Yo-jong saat melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada 10 Februari 2018.

Dikutip dari laman New York Times, Sabtu 10 Februari 2018, surat dalam map biru bersegel rapi yang sebelumnya ditenteng oleh Nona Kim ini berisi ajakan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik.

Menurut Juru Bicara Presiden Moon Jae-in, dalam surat itu pula tertulis ajakan untuk menciptakan lingkungan yang baik bagi kedua belah pihak.

"Kim Yo-jong menyampaikan surat Kim Jong-un kepada Moon Jae-in. Pihaknya menyampaikan bahwa Korut terbuka untuk bertemu dengan Moon dalam waktu dekat," ujar Jubir Kim Eui-kyeom, demikian dikutip dari laman Korea Herald.

3 dari 3 halaman

Bendera Unifikasi Korut dan Korsel di Olimpiade Pyeongchang

Sebelumnya, atlet dari Korea Selatan dan Korea Utara berbaris di belakang bendera unifikasi biru dan putih pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Jumat, 9 Februari 2018 malam di Pyeongchang Olympic Stadium.

Won Yun-jong, seorang bobsledder dari Korsel dan Hwang Chung-gum dari Korut yang bermain bersama untuk tim hoki wanita, memimpin kontingen saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin berlangsung.

Dikutip dari laman Straits Times, semua orang di stadion berdiri saat atlet Korea Utara dan Korea Selatan berbaris di bawah bendera unifikasi.

Para penari yang ada di tengah-tengah area pembukaan olimpiade juga bersorak-sorai menyambut bendera yang berbentuk peta kedua negara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.