Sukses

Mirip Film Jumanji, Ada Kuda Lepas di Jalan Raya Malaysia

Seorang pria bernama Zhuan Jau yang saat itu sedang bepergian mengabadikan momen kuda lepas di jalan raya.

Liputan6.com, Johor Baru - Jika Anda pernah menonton film Jumanji, maka Anda bisa membayangkan momen seperti ini. Seekor kuda lepas dan berlarian di jalan raya penyeberangan di Johor Baru, Malaysia.

Dikutip dari laman AsiaOne, Jumat (9/2/2018), seorang pria bernama Zhuan Jau yang saat itu sedang bepergian mengabadikan momen tak biasa itu.

Melihat kuda itu terus berlarian, Jau langsung mengeluarkan telepon seluler dan mengabadikan itu semua lewat kameranya.

Jau juga mengatakan bahwa ia tak tahu kemana pergi dan dari mana asal kuda tersebut. Kuda itu terlihat panik dan berlarian di jalan raya yang dipadati kendaraan.

Kejadian hewan berlarian di jalan raya memang bukan kali pertama terjadi di Malaysia. Pada Juni 2016, seekor kuda juga berlarian di Jalan Raya Federal.

Tak hanya kuda, ada pula seekor burung unta yang juga berlarian di jalan. Insiden ini tentu mengundang banyak tanggapan dari masyarakat.

Foto beberapa hewan yang berlarian juga menyebar di media sosial. Beberapa netizen bahkan menilai jika insiden itu membuat mereka dapat menyaksikan kebun binatang secara gratis.

Bahkan ada pula yang menilai penampakan itu kuda dan hewan-hewan lain layaknya sebuah film berjudul Jumanji yang menampilkan hewan-hewan buas berkeliaran di sebuah kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keliling Kota Bawa Singa

Aksi hewan buas berkeliaran pernah terjadi di Pakistan. Kali ini bukan tak sengaja, melainkan direncanakan. Seorang pria Pakistan ditangkap oleh kepolisian setempat atas dugaan melakukan perbuatan yang dapat membahayakan publik.

Bagaimana tidak, pria yang diketahui bernama lengkap Saqlain Javed itu keliling kota membawa singa. Hewan buas itu dibawa melintasi jalanan menggunakan mobil bak miliknya.

Dilansir dari laman Stuff.co.nz, singa betina berukuran besar itu dibawa melintasi jalanan kota Karachi pada malam hari.

Video rekaman yang beredar menunjukkan singa tersebut tengah duduk dengan posisi satu kaki menjulur dari dalam bak mobil.

Ada seorang pria yang duduk di dekat singa itu. Namun, orang itu tak menunjukkan raut khawatir.

Adegan aneh itu tentu saja mengagetkan para pemakai jalan. Mereka heran bukan kepalang. Apalagi, kala itu, kondisi lalu lintas sedang macet.

Meski tak mengakibatkan hal-hal yang tak diinginkan, polisi tetap menahan Saqlain Javed.

Berdasarkan penyelidikan, pihak kepolisian Pakistan mengatakan, Saqlain Javed adalah seorang pemelihara hewan berusia 30 tahun.

Ia ditangkap oleh pihak berwenang setelah mendapat laporan dari warga yang mengajukan keluhan atas kejadian itu.

"Pria itu berkeliling sambil membawa seekor singa betina di dekat pasar dan ini dapat membahayakan orang banyak dan bangunan-bangunan yang berada di kota tersebut," ujar Inspektur Kepolisian, Muqadas Haider.

Menanggapi permasalahan tersebut, Javed berkilah. Ia mengaku ingin membawa hewan peliharaannya ke dokter hewan.

Ia menunjukkan sejumlah bukti, seperti surat izin dan dokumen lainnya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan tersebut.

Setelah berkonsultasi dengan departemen satwa liar, pihak kepolisian membebaskan Javed dengan jaminan. Singa betina itu pun telah dibawa kembali.

"Kami memiliki sistem monitor guna memantau keamanan agar singa peliharaannya tersebut tak lepas dan mengancam warga sekitar," ujar Haider.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.