Sukses

Hanya di Indonesia: 2 Kejadian 'Ajaib' Ini Bikin Dunia Heran

Aneh tapi nyata, 2 hal 'ajaib' yang bikin heran dunia ini hanya ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya banjir Jakarta dan penjual pecel lele saat musibah itu terjadi yang menjadi sorotan dunia. Ulah sejumlah pedagang yang menjajakan dagangan di area dekat bom Thamrin 2 tahun silam juga, bahkan menjadi viral.

Terkait warung pecel lele, sejumlah media asing memberitakan gambar yang diposting akun Twitter TMC Polda Metro Jaya.

Laman Asia One yang dikutip Rabu (7/2/2018), memampang foto warung pecel lele saat banjir Jakarta tersebut dengan judul artikel bertajuk 'Netizens amazed by roadside stall remaining open during Jakarta flood'.

Media tersebut menyebutkan bahwa warung tersebut buka di tengah genangan banjir sedalam 50 sampai 70 cm di Jl. Raya Jatinegara Barat.

Media Thailand Phuketnews juga memuat isu warung pecel lele di banjir Jakarta tersebut dengan judul yang sama.

Unggahan dari TMC Polda Metro Jaya itu menjadi viral dan menjadi perbincangan publik di media sosial. Beberapa netizen menduga foto adalah hasil editan, namun ada sebuah video yang membuktikan itu adalah asli.

Potret warung pecel lele itu juga mengundang pertanyaan netizen. Di antaranya yang merasa heran di mana kompor untuk memasaknya berada, sementara yang lain salut dengan si penjual maupun pembeli.

Saksikan juga video tentang banjir Jakarta berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bom Sarinah

Mungkin hanya di Indonesia, khususnya di Jakarta di mana pedagang tetap mencari keuntungan di tempat-tempat yang tidak masuk di akal. Jakarta yang keras membuat pedagang mesti nekat menantang bahaya agar dapur bisa tetap 'ngebul'.

Saat terjadi bom di Sarinah, orang-orang panik. Lokasi tempat kejadian disterilkan, masyarakat diimbau untuk tidak menjauhi tempat kejadian perkara. Meski demikian, banyak pedagang yang memilih tetap berjualan di sekitar lokasi kejadian.

Sebuah postingan dari Path menyebar dengan cepat. Foto tersebut menunjukkan seorang tukang sate yang tetap berjualan 100 meter dari lokasi penyerangan. Malahan, orang-orang tetap memesan sate dari penjual tersebut.

Jamal (65) dan sang istri Cahyeni (40) mendadak terkenal karena tetap berjualan sate di tengah baku tembak polisi dengan teroris di Jalan MT Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 14 Januari 2016. Foto Jamal sedang mengipas sate tersebar di media sosial.

Ulah para penjual dadakan yang muncul di dekat lokasi teror Jakarta juga tak luput dari sasaran netizenkreatif. Entah mengapa orang-orang yang berada di sekitar terasa tertolong dengan kehadiran mereka di area mencekam.

Terlihat dalam meme beberapa pedagang asongan seperti tukang sate, penjual kopi dan buah mangga keliling. Gerobak berisi kacang pun berada dalam salah satu meme tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.