Sukses

Presiden Filipina Hancurkan Mobil Mewah Senilai Rp 30 Miliar

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan penghancuran mobil-mobil mewah senilai Rp 30 M. Apa alasannya?

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan penghancuran 30 unit mobil mewah yang diperkirakan bernilai lebih dari Rp 30 miliar. Beberapa mobil mewah yang dihancurkan itu di antaranya merupakan produksi Mercedes-Benz, Jaguar, Lexus, dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman Mirror.co.uk pada Rabu (7/2/2018), mobil-mobil mewah tersebut dihancurkan dengan menggunakan bulldozer di tiga lokasi dalam waktu berdekatan, yakni di Kantor Bea Cukai Manila, Pelabuhan kota Davao, dan Pelabuhan Cebu.

 

Dalam konferensi pers yang digelar di Provinsi Ilocos Norte pada Selasa, 6 Februari 2018, Juru Bicara Kepresidenan Harry Roque menyebut setidaknya 70 unit kendaraan mewah telah siap dihancurkan.

Namun pihak Bea Cukai Filipina hanya 30 unit kendaraan mewah yang berhasil dikumpulkan dari lima pelabuhan berbeda, yakni Pelabuhan Manila, Terminal Kontainer Internasional Manila, Pelabuhan Kota Subic, Pelabuhan Kota Davao, dan Pelabuhan Pulau Cebu.

Seluruh kendaraan mewah itu diketahui telah digunakan, namun gagal menunjukkan kepemilikan sah. Hanya tiga unit yang disebut masih dalam kondisi baru, dan langsung disita oleh pihak bea cukai sesaat setelah mendarat di pelabuhan.

Sebelumnya, pemerintah Filipina telah mengumumkan bahwa Kantor Bea Cukai akan menghancurkan seluruh kendaraan selundupan yang berhasil ditahan, tepat pada perayaan 116 tahun eksistensi lembaga tersebut pada hari ini.

 

 

Simak video menarik tentang penghancurkan mobil berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semua Barang Selundupan Wajib Dihancurkan

Penyelundupan kendaraan mewah menjadi salah satu masalah yang cukup disorot oleh pemerintah Filipina saat ini, selain peredaran narkoba.

Kendaraan mewah tersebut diselundupkan di sela-sela pengiriman komoditi komersial, seperti elektronik dan tekstil, sebagai upaya menghindari kewajiban membayar berbagai elemen pajak barang impor premium.

Presiden Duterte memerintahkan penghancuran kendaraan-kendaraan mewah tersebut dengan alasan untuk memberi efek jera kepada masyarakat. Menurutnya, opsi melelang kendaraan sitaan justru akan menjadi kedok bagi para penyelundup untuk mengamankan barang-barangnya secara legal.

Perintah penghancuran tersebut menjadi sebuah terobosan di lingkup bea cukai setempat, menggantikan tradisi lelang barang selundupan, yang berdalih untuk menambah kas pemasukan negara.

"Jangan melelangnya, karena hal itu akan berujung sama, tidak memberi efek jera bagi para penyelundup," tegas Duterte dalam sebuah pidato pada akhir pekan lalu.

"Mereka (penyelundup) akan tetap menjadi pihak yang diuntungkan, karena harga yang dibuka tidak jauh berbeda dengan harga yang ditawarkan sebagai barang selundupan," lanjutnya menjelaskan.

Presiden Duterte juga memerintahkan Kantor Bea Cukai untuk langsung mengurus penghancuran, jika diketahui ada barang selundupan lain tiba di seluruh pelabuhan wilayah kedaulatan Filipina.

"Ini bukan soal kendaraan mewah, tapi semua barang yang diselundupkan," ingat Duterte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.