Sukses

Terkuak, Arti di Balik Seragam Pramugari 5 Maskapai Ternama Dunia

Berikut makna di balik seragam pramugari, pramugara, dan pilot 5 maskapai ternama dunia

Liputan6.com, Washington, DC - Apa yang diharapkan penumpang pesawat dari pramugari hingga pilot maskapai yang ia tumpangi? Kompetensi, kepercayaan diri, profesionalisme, ketenangan, kepemimpinan, jaminan akan keselamatan, dan lain-lain adalah segelintir contoh.

Lantas, bagaimana cara pihak manajemen maskapai mengejawantahkan dan merefleksikan harapan tersebut kepada para penumpangnya?

Yakni, dengan mewajibkan para awak penerbangan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh maskapai adalah dengan menampilkan para kru kabin dan awak penerbangnya dengan seragam yang mentereng, ciamik, nan sedap dipandang.

Namun, apa yang para pramugari hingga pilot kenakan tak sekedar busana yang hanya menghibur mata para penumpang. Karena, ada makna dan pesan tersirat di balik seragam yang mereka pakai.

Dari berbagai contoh, berikut makna di balik seragam pramugari, pramugara, dan pilot 5 maskapai ternama dunia berikut ini, seperti Liputan6.com kutip dari Stuff (5/2/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hijab Fly Emirates

Penutup kepala yang dikenakan oleh pramugari maskapai Fly Emirates mencerminkan tradisi kebangsaan wilayah asal perusahaan penerbangan itu, yakni, Dubai, Uni Emirat Arab.

3 dari 6 halaman

2. Batik Singapore Airlines

Seragam kebaya batik khas Singapura yang dikenakan oleh pramugari maskapai Singapore Airlines juga mencerminkan secuil tradisi budaya Negeri Singa.

4 dari 6 halaman

3. Bak Militer Ala Etihad Airways

Anggota militer atau supermodel? Kebingungan itu mungkin akan Anda rasakan jika melihat para pramugari Etihad Airways.

Pramugari maskapai Abu Dhabi, Uni Emirat Arab itu berbalut pakaian ala perwira militer perempuan, lengkap dengan penutup kepala baret berwarna ungu.

Tapi, balutan scarf yang mereka kenakan, ditambah dengan permainan warna ungu yang ciamik, menjadikan mereka layak melenggang-kangkung di atas catwalk pegelaran busana di Paris.

5 dari 6 halaman

4. Kombinasi Seragam Angkatan Laut-Udara Maskapai AS

Hampir seluruh kru dan penerbang maskapai komersial di Amerika Serikat memiliki motif seragam yang khas bertradisi dari sejarah satuan militer Angkatan Laut dan Udara negaranya. Gambar di atas menunjukkan seragam kru penerbang maskapai Delta.

6 dari 6 halaman

5. Mendobrak Tradisi Ala Virgin America

Mendobrak tradisi mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan seragam awak kabin dan kru penerbang maskapai Virgin America. Demikian seperti dikutip dari Stuff.

Seperti gambar di atas, pramugaranya tak berjas seperti pada maskapai konvensional pada umumnya, namun mengenakan sebuah kemeja kargo berlengan pendek dengan celana panjang -- yang semuanya berukuran slim-fit.

Sedangkan para pramugarinya mengenakan rok pensil pendek dengan kemeja blouse berlengan panjang dan scarf, yang juga semuanya berukuran slim-fit.

Oh ya, pada situasi tertentu, baik pramugara dan pramugari maskapai itu juga bertugas sambil mengenakan jaket parka atau semi-trench coat.

Kabarnya, seragam mereka dirancang oleh Banana Republic. Keren bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini