Sukses

AS Habiskan Miliaran Dolar Dalam Serangan ke Libia

Liputan6.com, Washington DC: Berperan aktif dalam operasi militer internasional di Libia, pihak militer AS menghabiskan sedikitnya 1 miliar dolar AS. Demikian laporan analisis operasional militer AS, seperti dilansir Associated Press, Kamis (24/3).

Pada Selasa (22/3), pihak militer AS menembakkan 162 rudal Tomahawk yang harga per buahnya mencapai 1,5 juta dolar AS. Mereka juga mengirimkan 3 pesawat siluman B-2 untuk menjatuhkan 2.000 bom di beberapa titik di Libia. Biaya operasional dari pesawat tersebut mencapai 10 ribu dolar AS untuk satu pesawat dengan satu jam penerbangan. Jika ditotal semuanya maka untuk mengoperasikan 3 pesawat tersebut selama 25 jam (sesuai target operasi) dibutuhkan dana sebesar 750 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 6,5 miliar.

Tidak hanya itu, biaya yang harus dikeluarkan militer AS juga meliputi 3 kapal selam, dua kapal perusak, dua kapal amfibi juga satu pesawt tempur F-15 yang mengalami kerusakan parah, yang akan kembali membebani AS sebesar 75 juta dolar AS.  

"Kita mengalami miliaran dolar defisit dalam waktu 6 jam sekali. Ini akan membebani kita dengan miliaran dolar untuk memperbaikinya. Dengan kata lain akan ada miliaran juta dolar hutang yang akan dibebankan pada anak kita, cucu kita, dan bahkan cicit kita," kata Anggota DPR Komite Angkatan Bersenjata, Roscoe Bartlett. (Vin)
    Artikel Selanjutnya
    4 Fakta Asgardia, Negara di Luar Bumi yang Jadi Incaran 7.000 WNI
    Artikel Selanjutnya
    Adik Mendiang Putri Diana: Saya Dibohongi Istana...