Sukses

Lubang Misterius Muncul di Pantai Prancis, Fenomena Apa?

Sinkhole berdiameter 5 meter dan dalam 2 meter terbentuk di sebuah pantai Kota Nice, Prancis. Bentuknya bulat sempurna.

Liputan6.com, Nice - Sebuah lubang misterius muncul di sebuah pantai di kota Nice, Prancis, dan membuat penduduk sekitar kebingungan. Beberapa menduga itu adalah geyser (mata air panas) atau gunung berapi.

"Itu gunung berapi atau geyser," kata seorang penduduk Nice kepada 20minutes seperti dikutip dari Russian Today, Sabtu (3/2/2017).

Sementara itu lainnya menduga lubang misterius itu berasal dari meteorit jatuh.

"... Tanahnya bergerak turun," imbuh penduduk setempat.

Media lokal melaporkan, sinkhole itu berdiameter 5 meter dan dalam 2 meter lalu dipenuhi air payau. Muncul di pantai Lido di Nice, di samping Promenade des Anglais yang terkenal.

Penduduk setempat terpana oleh sinkhole yang bentuk bulatnya yang sempurna. Beberapa di antaranya bertanya-tanya penyebab terbentuknya fenomena tersebut.

Pihak berwenang mengatakan, lubang itu mulai terbentuk pada Rabu, 31 Januari 2018. Sejauh ini, lubang itu tak menimbulkan bahaya bagi keamanan publik.

"Jangan khawatir, ini fenomena alam yang terjadi empat kali dalam setahun...," ujar Wali Kota Nice, Christian Estrosi melalui Twitter.

Menurut laporan Paris Match, sebuah sinkhole serupa juga dilaporkan terbentuk di tengah jalan raya di pusat Kota Nice beberapa pekan lalu. Dekat jalur trem bawah tanah yang saat ini dalam pembangunan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinkhole 15 Meter di Jalanan Jepang

Sebelumnya pada awal November 2016 lalu, sebuah sinkhole besar juga pernah menggemparkan penduduk di Jepang. Sebab lubang itu menganga di jalan utama di pusat kota Fukuoka.

Sinkhole jumbo itu mengganggu lalu lintas, pasokan listrik dan sistem perbankan.

Pemerintah setempat kemudian mengevakuasi orang-orang yang berada di daerah terdekat, khawatir sinkhole akan membesar dan menelan korban jiwa.

Lokasi sinkhole itu berada di sekitar area pekerjaan konstruksi untuk memperpanjang sistem kereta bawah tanah kota, Nanakuma Line.

Dari tayangan televisi lokal, terlihat lubang besar itu berisi air dari saluran bawah tanah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini