Sukses

Video Penampakan Benda Misterius Terbang Saat Gerhana Bulan, UFO?

Saat gerhana bulan terlihat di seluruh AS dan semua mata tertuju pada langit, sejumlah orang mengklaim melihat benda misterius terbang.

Liputan6.com, Washington, D.C - Pada 31 Januari 2018 lalu gerhana bulan terjadi dan terlihat hampir di seluruh penjuru dunia. Fenomena itu luar biasa karena merupakan gabungan tiga peristiwa langit: supermoon, bluemoon, dan blood moon.

Pemandangan langka tersebut membuat khalayak penasaran. Apalagi konon terjadi pertama kali dalam 150 tahun.

Kendati demikian, di tengah kehebohan masyarakat dengan fenomena gerhana bulan itu, para pemburu alien mengklaim melihat benda misterius terbang.

Saat gerhana bulan tengah mendominasi langit di seluruh penjuru AS, dan mata-mata tertuju pada bulan yang lenyap. Sejumlah orang justru melihat kejadian aneh saat terjadi fenomena langka tersebut.

Dalam sebuah video yang diunggah ke saluran situs berbagi video dengan akun UFOmania, seperti diberitakan Express.co.uk, Jumat (2/2/1017), terlihat objek mirip pesawat ruang angkasa yang meluncur melewati Bulan dalam siaran langsung NASA.

Dalam video klip terlihat titik putih terang yang meluncur melewati Bulan, dengan jejak putih tertinggal di belakang 'UFO' tersebut.

Saksi yang melihat anomali tersebut mengatakan, "Saya kebetulan melihat benda yang melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi turun ke sisi kiri Bulan dan ke bawah arah kiri sampai keluar dari bingkai Bulan.

David Valentine berkomentar: "Wow! Objek yang dimaksud sedang melakukan perjalanan dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya!

"Ada begitu banyak hal di luar sana yang tak kita sadari!"

Sementara seseorang bernama Caroline menulis: "Video keren Bulan, dan sebuah kapal luar angkasa."

Lainnya yang tak begitu yakin benda misterius itu alien, mengemukakan penjelasan yang lebih logis, misalnya pesawat terbang melintasi gerhana bulan.

"Maaf, tapi ini terlihat seperti pesawat terbang dengan lampu identifikasi yang berkedip, meski bisa saja aku salah," komentar David Crouch.

Lainnya, Tramaine menambahkan: "Ini pesawat! Perhatikan lampu strobonya? "

Ghosthunter berkata, "Kenapa kalian semua begitu serius, ... Itu hanya pesawat Boeing."

Bagaimana menurut Anda, UFO?

Saksikan videonya berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jejak Misterius di AS

Sebelumnya, jejak misterius yang dikira UFO dari Korut terlihat di langit AS. Bayangan misterius itu terlihat jelas di langit malam, dari wilayah California Selatan hingga Phoenix.

Sejumlah stasiun televisi, bahkan di San Diego yang berjarak 320 kilometer dari lokasi peluncuran, menerima sejumlah panggilan dari pemirsa yang penasaran.

Sementara, mobil-mobil yang melaju di jalanan Kota Los Angeles dihentikan. Para pengemudi dan penumpang ramai-ramai mengambil gambar penampakan aneh di langit.

Jimmy Golen, penulis artikel olahraga untuk Associated Press di Boston, kala itu sedang berada di California Selatan untuk berlibur. Pria itu mengaku, ia dan para turis lainnya mengaku melihat jejak uap air yang panjang dan bersinar di angkasa.

Kala itu mereka sedang mengikuti tur di studio Warner Bros di Burbank, pinggiran Los Angeles.

"Orang-orang berspekulasi, itu ada kaitannya dengan film, acara televisi, atau UFO. "Itu sangat keren,' kata dia soal penampakan tersebut, seperti dikutip dari News.com.au.

Dalam postingannya, milarder pemilik Space Exploration Technologies atau SpaceX, Elon Musk mendeskripsikannya sebagai "UFO alien nuklir dari Korea Utara".

Pihak pemadam kebakaran Los Angeles kemudian mengeluarkan pengumuman. "Cahaya misterius di langit tersebut asalnya dari peluncuran roket." Bukan UFO.

Perusahaan antariksa SpaceX meluncurkan Falcon 9, dari Pangkalan Udara Vandenberg, California pada Jumat malam 22 Desember 2017.

Roket daur ulang tersebut membawa 10 satelit milik Iridium Communication ke orbit Bumi. Saat mengudara, Falcon 9 meninggalkan jejak kondensasi yang bikin banyak orang salah sangka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gerhana Bulan adalah fenomena alam berupa gerhana yang terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan.

    Gerhana Bulan

  • UFO