Sukses

Dibuka, Kesempatan bagi Pemuda Jadi Delegasi RI ke Argentina

Pertemuan Y20 akan diadakan di Cordoba, Argentina pada 13 hingga 19 Agustus 2018. Tertarik? Cek syarat ikut jadi delegasi RI di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesian Youth Diplomacy (IYD) membuka pendaftaran delegasi Indonesia untuk Pertemuan Y20. Program tersebut sebagai bagian dari Pertemuan G20 pada tahun 2018 di Argentina.

"Pendaftaran dibuka hingga 15 Februari," demikian menurut informasi pihak terkait, Senin (1/2/2018).

"IYD menyampaikan panggilan pendaftaran kepada seluruh pemuda-pemudi untuk menjadi perwakilan Indonesia pada Pertemuan Y20 2018 Argentina, dan secara bersamaan menjadi bagian dari organisasi IYD".

Dari tahun ke tahun IYD menerima lebih dari 1.000 pendaftaran pemuda-pemudi terbaik Indonesia pada tahap pertama, di mana hal ini menunjukkan tingginya antusiasme anak muda terhadap kegiatan Y20.

Pada tahun ini, Pertemuan Y20 akan diadakan di Cordoba, Argentina mulai dari 13 hingga 19 Agustus 2018. Sebagai rangkaian dari Kepresidenan Pemerintah Argentina untuk Pertemuan G20 di tahun 2018.

Tema Pertemuan G20 2018 adalah: "Membangun Kesepakatan untuk Pembangunan yang Adil dan Berkelanjutan".

Informasi detail mengenai persyaratan pendaftaran dan proses seleksi dapat diakses pada laman resmi IYD di indonesianyouthdiplomacy.org.

Indonesian Youth Diplomacy adalah perwakilan resmi pemuda Indonesia untuk Pertemuan Pemuda G20, atau yang lebih dikenal sebagai Y20, dan merupakan perwakilan resmi dari Sherpa G20 Indonesia untuk pemuda.

Merekrut Pemuda Terbaik

IYD secara konsisten telah merekrut pemuda-pemudi terbaik Indonesia untuk berpartisipasi pada Pertemuan Y20 sejak tahun 2010. Pertemuan ini pertama diadakan di Vancouver, Kanada.

Delegasi resmi dari IYD telah menghadiri berbagai Pertemuan Y20 setelahnya di Paris, Prancis (2011); Washington D.C., Amerika Serikat (2012); Saint Petersburg, Federasi Rusina (2013); Sydney, Australia (2014); Istanbul, Turki (2015); Beijing dan Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (2016), dan yang paling akhir di Berlin, Jerman (2017).

Selain menghadiri Pertemuan Y20, delegasi dari IYD juga berpartisipasi pada Pertemua Y8 2013 sebagai salah satu negara undangan di London, Britania Raya. Dalam menjalankan proses perekrutan delegasi, IYD berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Sherpa Indonesia untuk G20, yaitu Kementerian Luar Negeri dan sejak awal tahun 2018 dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal IYD

Indonesian Youth Diplomacy (IYD) adalah organisasi pemuda yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan partisipasi pemuda dalam diplomasi internasional serta meningkatkan kontribusi pemuda terhadap pembangunan nasional dan kerjasama internasional.

IYD bertindak sebagai perwakilan resmi Sherpa G20 Indonesia untuk pemuda.

Selain melaksanakan proses rekrutmen delegasi Indonesia untuk Pertemuan Y20, IYD juga mengadakan program-program yang bersifat membagikan pengetahuan danmengundang pembuat kebijakan asing, perwakilan pemerintah, organisasi pemerintah internasional, lembaga swadaya masyarakat, sector privat, dan pemangku kebijakan lainnya untuk berdialog dengan pemuda-pemudi Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang IYD dan kegiatan-kegiatan terbaru yang diadakan oleh IYD dapat dilihat pada laman resmi indonesianyouthdiplomacy.org atau linimasa @iYouthDiplomacy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini