Sukses

Ini Soal Matematika Paling Nyeleneh yang Viral di China

Ada sebuah pertanyaan Matematika yang sedang viral di China. Soal ujian ini dianggap tak masuk akal.

Liputan6.com, Beijing - Jika banyak orang menganggap bahwa pelajaran Matematika itu sulit, tentu ada benarnya. Sebab, mata pelajaran yang satu ini dianggap menguras otak karena harus menghitung jumlah angka yang sangat rumit.

Belum lagi penggunaan rumus yang harus kita pahami. Salah satu angka saja, maka jawabannya akan tetap salah.

Namun, apa jadinya jika soal Matematika yang harus Anda kerjakan dinilai terlalu nyeleneh dan di luar akal sehat?

Dikutip dari laman South China Morning Post, Selasa (30/1/2018), hal demikian terjadi di sebuah Sekolah Dasar di China.

Dalam sebuah ujian tertulis, siswa dibuat kebingungan dengan soal Matematika yang di luar akal sehat. Siswa kelas lima di Sekolah Nanchong, China mendapat pertanyaan sebagai berikut:

"Di atas sebuah kapal yang dikemudikan oleh seorang nakhoda ada 26 ekor domba dan 10 ekor kambing. Berapa kira-kira usia dari nakhoda itu?"

Soal yang dianggap luar biasa susah dan nyeleneh ini langsung viral di media sosial. Foto bukti lembar soal yang membuat siswa pusing tujuh keliling ini jadi perbincangan.

Kocaknya, para siswa pun menjawab dengan naral yang sungguh mengocok perut.

"Pastinya, nakhoda itu harus berusia minimal 18 tahun. Sebab, anak di bawah umur tak diizinkan untuk mengoperasikan kapal," tulis seorang murid.

"Kapten itu berusia 36 tahun. Saya menambahkan jumlah seluruh hewan sehingga ditemukan jawaban," tulis murid lain saat menjawab soal Matematika itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna di Balik Pertanyaan

Menanggapi hal ini, dinas pendidikan di kota itu mengatakan bahwa tak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. Soal itu dibuat untuk menguji pemikiran kritis siswa.

"Peran kami bukan untuk menghasilkan siswa yang standar. Setiap jawaban dapat mencerminkan kepribadian masing-masing dari para siswa," ujar dinas pendidikan.

Meski telah dijelaskan maksud dan tujuan dari pembuatan soal itu, banyak netizen yang tak sepaham dan menganggap pendekatan itu adalah omong kosong.

"Pertanyaan ini tak ada kaitannya dengan Matematika. Ini tak menguji kemampuan murid," ujar netizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.