Sukses

Jokowi Melawat ke Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah tiba di kamp pengungsi Rohingya di Jamtoli, Cox's Bazar, Bangladesh pada Minggu, 28 Januari 2018

Liputan6.com, Cox's Bazar - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah tiba di kamp pengungsi Rohingya di Jamtoli, Cox's Bazar, Bangladesh pada Minggu, 28 Januari 2018 waktu setempat.

Seperti dikutip dari Twitter resmi Kementerian Luar Negeri RI (28/1/2018), Presiden secara simbolis telah menyerahkan bantuan tambahan, berupa pakaian, selimut, pangan tambahan, dan peralatan penjernihan air.

Selain itu, Jokowi juga sempat bertemu dengan para pengungsi, relawan kemanusiaan Indonesia di kamp, dan meninjau fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo di kamp pengungsi Rohingya di Jamtoli, Cox's Bazar (28/1/2018) (Sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Ke depan, pembangunan rumah sakit lapangan dan penyediaan layananan kesehatan akan dilakukan.

Kedatangan Jokowi dan penyerahan bantuan tambahan itu juga menunjukkan bentuk komitmen bahwa pemerintah Indonesia secara berkesinambungan akan terus memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan para pengungsi, kata Kemlu RI seperti dikutip dari akun Twitter resmi @Portal_Kemlu_RI.

Hingga berita ini turun, pihak Biro Pers Sekretariat Kepresidenan RI belum memberikan kutipan langsung atau keterangan resmi dari Jokowi seputar kunjungannya ke kamp pengungsian Rohingya di Jamtoli, Cox's Bazar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba Pada Siang Hari Bersama Rombongan RI

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandar Udara Cox's Bazar, Bangladesh, sekira pukul 12.40 Waktu Setempat atau 13.40 WIB.

Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana langsung disambut oleh Deputy Commisioner MD. Ali Hossain, Superintendent of Police (SP) Dr. AKM Iqbal Hossain, serta Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI Bidang Kelembagaan Salman Al Farisi.

Presiden dan Ibu Iriana terlebih dahulu mendapatkan penjelasan yang diberikan Deputy Commissioner Cox's Bazar Ali Hossain terkait penanganan terhadap pengungsi Rakhine State di Refugee Camp.

Penjelasan tersebut disampaikan di salah satu VIP Room yang berada di Bandar Udara Cox's Bazar, Bangladesh.

Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas menuju Kamp Jamtoli, yakni salah satu tempat penampungan pengungsi dari Rakhine State yang ada di Bangladesh. Perjalanan sepanjang 70 km tersebut ditempuh Presiden Jokowi selama satu jam melalui jalur darat dengan menggunakan mobil.

Di sepanjang perjalanan tampak masyarakat Cox's Bazar turut menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Bahkan beberapa warga sempat mengabadikan momen tersebut melalui gawai mereka.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kali ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Teten Masduki dan Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini