Sukses

Ceraikan Putri Putin, Miliarder Ini Kehilangan Separuh Harta

Miliarder termuda di Rusia, Kirill Shamalov harus merelakan separuh hartanya gara-gara menceraikan putri Putin.

Liputan6.com, Moskow - Miliarder termuda di Rusia, Kirill Shamalov menikah dengan 'putri rahasia' Vladimir Putin, Katerina Tikhonova pada 2013.

Acara pernikahan kala itu berlangsung mewah dan meriah. Dan kini, perceraian pasangan tersebut ternyata jauh lebih mahal. Terutama bagi Shamalov.

Pria 35 tahun itu dikabarkan harus kehilangan setengah hartanya. Ia juga disingkirkan dari posisinya sebagai deputy chief executive di perusahaan petrokimia, Sibur.

Penyebab perceraian belum lagi jelas. Namun, dikabarkan hati Shamalov telah berpaling pada perempuan lain, seorang sosialita bernama Zhanna Volkova.

Pada Desember 2017, laman Facebook pribadi sang miliarder memajang foto dirinya bersama sang kekasih baru. "Aku mencintaimu," demikian tulisan yang tertera di sana, demikian dilaporkan Vedomosti, seperti Liputan6.com kutip dari International Business Times India, Sabtu (27/1/2018).

Meski rumor pernikahan dan perceraian keduanya menyebar luas, pihak Kremlin sama sekali tak mengeluarkan pernyataan atau konfirmasi.

Shamalov dan Tikhonova menikah di resor ski Igora di perbukitan St Petersburg. Pesta tersebut berlangsung mewah dalam kawalan ketat para petugas.

"Penjaga ditempatkan di setiap sudut. Mereka tak membiarkan siapa pun mendekati lokasi acara," kata seorang staf resor. "Namun, kami tahu Kiril dan Katerina -- putri Vladimir Putin -- sedang merayakan pernikahan."

Seluruh tamu dikabarkan harus bersumpah menjaga kerahasiaan pernikahan putri Vladimir Putin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Status Miliarder Melayang, Untung Masih Hidup...

Setelah pernikahan, posisi juga kekayaan Shamalov melonjak tajam. Ia mendapatkan saham dalam jumlah besar di Sibur, dan menjadi pemegang saham terbesar kedua.

Pria tersebut mendadak jadi miliarder -- meski sejumlah aset penting dikabarkan dikendalikan pengelola dana (trust) keluarha Putin.

Pasangan tersebut memiliki sebuah vila di tepi pantai di Biarritz, Prancis yang nilainya diperkirakan mencapai US$ 3,7 juta.

Soal kabar Shamalov kehilangan setengah harta bendanya, seorang sumber yang dekat dengannya, kepada Bloomberg menegaskan, itu tak ada kaitan dengan pernikahan atau pereraian sang miliarder.

Namun, sejumlah warga Rusia yakin, Shamalov ambil risiko besar karena berani-beraninya bercerai dengan anak Putin. Kerugian yang ia alami bisa jadi adalah balasannya.

"Shamalov pasti berhati baja," kata seorang sumber. "Ia harus berterima kasih kepada Tuhan dan semua orang kudus karena masih bisa hidup dan bebas."

Kirill Shamalov adalah putra Nikolay Shamalov, salah satu kroni Putin.

Jika sebelumnya pria tersebut mencatatkan jumlah kekayaan mencapai US$ 1,3 miliar, kini menyusut menjadi US$ 800, bahkan mungkin lebih sedikit. Sebab, Kirill Shamalov masih harus membayar bunga pinjaman dan mungkin biaya perceraian. 

3 dari 3 halaman

Sang Putri yang Jadi Calon Penerus Putin

Katerina Tikhonova bukan sekadar putri Putin. Ia diduga disiapkan jadi penerus sang ayah: menjadi presiden Rusia.

Perempuan yang berprofesi sebagai penari Acrobatic Rock'n'roll juga tercatat sebagai penanggung jawab investasi untuk Moscow State University.

Banyak hal misterius terkait kehidupan Katerina Tikhonova. Pihak Kremlin berupaya kuat untuk menjauhkannya dari sorotan publik.

Pada 2015, perempuan 31 tahun itu dijuluki 'anak orang kuat' oleh seorang pebisnis senior Rusia. Rekan menarinya juga menyebut hal serupa. Belakangan, keduanya mengubah narasi mereka. 

Katerina Tikhonova adalah anak dari hasil pernikahan Putin dan Lyudmila Putina -- yang bercerai pada tahun 2013.

Katerina menggunakan nama keluarga yang diwarisi dari neneknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini