Sukses

4 Teknologi Zaman Now yang Diramalkan Seniman Masa Lalu

Siapa sangka, ilustrator zaman dulu ternyata pernah membayangkan benda-benda elektronik ini, yang ternyata ada di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Membayangkan atau memprediksi masa depan bisa membuat manusia bergairah, karena pada umumnya, manusia adalah makhluk yang tertarik dengan hal-hal berbau masa depan.

Contohnya saja prediksi mengenai kehidupan di tahun-tahun mendatang atau gambaran teknologi yang digunakan saat itu.

Bila Anda mengetahui beberapa prediksi lama tentang masa depan, dari tahun 1800-an atau awal 1900-an, Anda akan menyadari bahwa perkiraan tersebut konyol dan jauh dari kenyataan.

Akan tetapi, tak dipungkiri kalau hal-hal itu kreatif, dan penuh inovasi.

Sejumlah ilustrator dan futuris bahkan berhasil membuktikan benda-benda yang sangat mendekati dengan apa yang terjadi di tahun 2000-an, seperti misal barang elektronik yang digambarkan dalam karya mereka.

Berikut 4 ilustrasi masa lampau yang benar-benar ada di masa depan, seperti dilansir The Vintage News, Kamis (24/1/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kacamata 3D

Inilah benda yang sangat familiar di zaman sekarang, dengan kemunculan gawai virtual reality seperti oculus rift, atau teknologi 3D.

Gambar mengenai kacamata canggih ini dibuat pada tahun 1963 untuk majalah Life.

Di dalam majalah itu, penulis fiksi ilmiah ternama, Hugo Gernsback (dianggap sebagai bapak fiksi ilmiah oleh beberapa orang), menggambar sebuah alat yang disebutkan dalam salah satu ceritanya.

Hugo menamai gawai tersebut "kacamata TV". Idenya berasal dari imajinasi liarnya yang membayangkan: suatu hari, seseorang dapat menonton televisi dari jarak dekat, sehingga ia bisa berinteraksi dengan layar.

Prediksinya yang cukup akurat, bukan?

3 dari 5 halaman

2. Penyedot Debu

Pada tahun 1910, Jean-Marc Côté dan tim ilustratornya memutuskan untuk membuat satu set ilustrasi yang bernama "En L'An 2000" (pada tahun 2000).

Semua ilustrasi dalam koleksi tersebut tampak kocak karena orang pada era itu tak mengetahui gerangan benda apa yang mereka lukis.

Tapi ada satu barang yang benar-benar muncul di zaman sekarang, yakni electric scrubbing atau penyedot debu elektronik.

Pada awal abad ini, dengan berkembangnya teknologi robotika, perusahaan mulai memproduksi robot yang mampu membersihkan rumah tanpa tenaga manusia.

4 dari 5 halaman

3. Ruang Kelas Digital

Ilustrasi ini dibuat pada tahun 1969 oleh Shigeru Komatsuzaki, untuk sebuah majalah Jepang Computopia.

Ilustrasi tersebut diberi judul "The Rise of the Computerized School", yang menggambarkan imajinasi pelukis tentang kelas masa depan.

Anda dapat melihat bahwa sang guru muncul dalam sebuah layar transparan dan setiap siswa memiliki komputer yang dimilikinya.

Semua tugas sekolah dilakukan melalui input di layar itu. "Guru digital" memeriksa kemajuan siswa secara otomatis.

Selain itu, perhatikan bagaimana robot tersebut menghukum siswa yang tidak taat aturan. 

Di zaman sekarang, banyak negara yang menerapkan penggunaan komputer di dalam kelas, untuk kegiatan belajar-mengajar, entah itu komputer jinjing (laptop) atau PC (personal computer).

Selain itu, pendidikan jarak jauh dan e-learning juga telah diterapkan di negara-negara maju.

5 dari 5 halaman

4. Video Call

Teknologi ini diprediksi oleh banyak penulis, futuris, dan ilustrator di masa lalu: video call.

Ilustrasi mengenai video call dibuat pada tahun 1920. Kemiripan gambar dengan gawai atau ponsel pintar yang tenar saat ini sangatlah akurat.

Dua wanita sedang duduk di sebuah kafe, menikmati suasana sekitar sembari mengobrol bersama teman mereka di Skype.

Pemandangan seperti ini sudah banyak ditemui di zaman ini, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini