Sukses

Jokowi dan 9 Pemimpin ASEAN Akan Hadiri Republic Day India 2018

Liputan6.com, New Delhi - Sepuluh pemimpin negara-negara ASEAN dijadwalkan akan menghadiri Republic Day India yang jatuh pada 26 Januari 2018.

Menurut Secretary of East India, Preeti Saran, hal tersebut merupakan sesuatu yang bersejarah.

"Kehadiran 10 pemimpin ASEAN merupakan kejadian bersejarah bagi kami. Hal tersebut memperlihatkan pentingnya hubungan antara India dengan masing-masing negara ASEAN," ujar Saran saat bertemu dengan 19 awak media dari ASEAN pada 22 Januari 2018.

Hal tersebut tak terlepas sejak berubahnya nama kebijakan dari Look East menjadi Act East pada 2014, di mana India melakukan pendekatan yang lebih dinamis, tak hanya untuk ASEAN, tapi juga wilayah Asia-Pasifik yang lebih luas.

Menurut Saran, Act East pun tak hanya mencakup soal ekonomi, namun juga tentang keamanan dan juga budaya.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Kementerian Luar Negeri India, Saran juga menyampaikan bahwa India memiliki sejarah kuat dengan negara-negara ASEAN.

Ia menyebut Ramayana untuk menunjukkan hubungan India dengan ASEAN telah terjalin selama ribuan tahun, yang dihubungkan baik dari jalur maritim maupun darat.

Tak hanya di Indonesia, kisah Ramayana dari India juga tersebar di seluruh negara ASEAN, tentunya dengan penyesuaian dari masing-masing negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASEAN Penting bagi India

Preeti Saran juga menyebut bahwa ASEAN merupakan bagian penting dari kebijakan neighborhood first India.

"Sama seperti Anda semua, memiliki tetangga yang sejahtera dan damai merupakan hal yang penting bagi perkembangan India," ujar dia.

Saat ini, yakni pada 2018, India menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat dan terbesar di dunia, yakni 7,5 persen.

Menurut Saran, pertumbuhan tersebut membuat India dapat menyediakan kesempatan besar bagai negara-negara ASEAN untuk mengakses barang dan jasa dari India.

"ASEAN merupakan mitra bisnis terbesar keempat India, dan India merupakan mitra bisnis terbesar ketujuh ASEAN," ujar Saran.

Saran juga mengajak negara-negara ASEAN untuk berinvestasi di India.

"Make It India, Start Up India, Digital India, Smart Cities, ada kesempatan bagi negara-negara ASEAN untuk berinvestasi di India," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.