Sukses

Penguin Ini Tiba-Tiba Lompat ke Kapal, Penasaran dengan Manusia?

Seekor penguin tiba-tiba melompat ke kapal karet yang sedang berekspedisi di Laut Antarktika. Apa yang membuatnya penasaran?

Liputan6.com, Canberra - Seekor penguin tiba-tiba menyambangi perahu karet milik tim peneliti Australian Antarctic Division.

Kehadirannya sempat bikin tim kaget bukan kepalang. Namun, beberapa saat kemudian, mereka pun tertawa melihat ulah si penguin.

Hewan berwarna hitam dan putih itu tiba-tiba melompat dari dalam perairan Antarktika yang beku dan langsung menuju perahu.

Saat kejadian, perahu tim sedang mengumpulkan sampel air di Teluk Newcombe, Antarktika.

Kala itu, seorang peneliti dari lembaga tersebut, Matt McKay, kebetulan sedang mengabadikan kegiatan mereka. 

Secara tak terduga, seekor penguin muncul dari dalam air, tak jauh dari posisi perahu, dan mendaratkan kakinya di sisi kiri kapal.

Penjelajah dari Australian Atarctic Program Matt McKay mengabadikan momen tersebut saat ia dan timnya sedang mengumpulkan sampel air. (Matt McKay/Australian Antarctic Division)

Dalam video berdurasi 19 detik yang diunggah oleh Australian Antarctic Division di platform mereka, penguin itu hanya beberapa detik saja berada di perahu.

Burung itu bahkan tak berusaha mencuri atau meminta makanan dari para tim. Setelahnya, ia kembali menyelam ke dalam air. 

Burung berwarna hitam dan putih itu hanya beberapa detik saja menyambangi kapal karet berwarna merah. Sang penguin lalu kembali menyelam ke air es. (Matt McKay/Australian Antarctic Division)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Delapan Kali Didatangi Penguin

McKay menjelaskan, penguin yang mendatangi perahunya adalah penguin Adélie (Pygoscelis adeliae).

Biasanya, penguin ini muncul ke daratan untuk memuntahkan makanan yang sudah dimakannya, karena perut mereka sudah terlalu penuh.

"Hari itu, delapan ekor penguin yang penasaran telah mendatangi perahu kami," kata eorang juru bicara Australian Antarctic Division, dilansir Daily Mail Australia, Kamis (18/1/2018).

Tim ekspedisi dari lembaga penelitian tersebut kini sedang melakukan sebuah pekerjaan di stasiun penelitian Casey di wilayah Antarktika, di mana wilayah ini telah diklaim oleh Australia.

Casey adalah stasiun Australia ketiga yang menempati sebuah situs di Teluk Vincennes, dan terletak di Kepulauan Windmill, tepat di luar Lingkaran Antarktika.

Sementara itu, Australian Antarctic Division melakukan proyek sains dan penelitian lainnya di tiga basis di Antartika: Casey, Mawson dan Davis.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.