Sukses

Waspada, 5 Campuran Jus Buah dan Sayur Ini Ternyata Berbahaya

Apabila Anda mencampur beberapa buah dan sayuran ini bukannya menyehatkan tubuh, melainkan menimbulkan racun dan mampu membunuh.

Liputan6.com, New York - Semua orang tahu bahwa mengonsumsi buah dan sayuran sangat berdampak besar bagi tubuh kita. Kebanyakan orang menjadikan buah sebagai sajian penutup dan menghindarinya di pagi hari dengan alasan takut sakit perut.

Padahal, mengonsumsi buah segar pada pagi hari adalah cara tebaik untuk memulai hari.

Beberapa manfaat mengonsumsi buah dan sayuran seperti melancarkan proses pencernaan. Sebab, buah dan sayuran mengandung serat yang dapat membersihkan tubuh.

Timbunan racun juga akan dipaksa keluar sehingga ruang usus akan jauh lebih baik. Manfaat lain seperti meningkatkan energi dalam tubuh. Delima, jeruk, mangga, semangka, apel dan pisang adalah beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan air dan glukosa.

Memakan buah dan sayuran secara langsung terkadang dinilai berat dan susah untuk ditelan bagi kebanyakan orang. Maka dari itu lahirlah ide untuk menyampurkan beberapa buah dan sayuran dalam bentuk jus.

Selain segar, rasanya pun juga nikmat karena telah dicampurkan dengan es dan susu. Namun, pernahkah Anda mendengar ada beberapa pasangan buah dan sayur yang haram untuk di campur?

Disebutkan, apabila kita mencampur beberapa buah dan sayuran ini bukannya menyehatkan tubuh melainkan menimbulkan racun dan mampu membunuh.

Seperti dikutip dari Good Morning Center, Jumat (12/1/2018), berikut 5 buah, sayuran dan bahan lain yang tak boleh dicampur dan dijadikan jus:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pudding dan Pisang

Kombinasi ini dikatakan berbahaya karena dapat melemahkan aktivitas otak. Selain itu, gabungan ini akan mempengaruhi sistem pencernaan anda.

Kombinasi pudding dan pisang juga dikatakan dapat menyebabkan kematian pada anak-anak karena dapat menyebabkan akumulasi toksin berbahaya.

 

3 dari 6 halaman

2. Jeruk dan Wortel

Rasa mulas pada perut yang terjadi pada Anda bisa jadi disebabkan oleh hal yang Anda konsumsi.

Menurut penelitian, jus campuran antara jeruk dan wortel dapat menyebabkan sakit perut.

Sementara itu menurut sebuah penelitian, dengan menggabungkan jeruk dan wortel dapat merusak kesehatan ginjal Anda.

4 dari 6 halaman

3. Nanas dan Susu

Kandungan bromelain dalam nanas yang dicampurkan dengan susu tak baik bagi tubuh.

Bromelain sendiri adalah enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Nanas merupakan jenis makanan yang mengandung enzim ini. Bagian dari buah nanas yang paling kaya bromelain adalah bagian batang.

Jika Anda mencampurkan dua bahan ini maka serangkaian masalah akan timbul. Mulai dari mual, sakit perut, diare dan sakit kepala.

5 dari 6 halaman

4. Pepaya dan Lemon

Dari penampakannya saja dua buah-buahan ini tak cocok untuk dicampur menjadi satu.

Nyatanya hal itu dianggap benar. Selain mempengaruhi kadar hemoglobin Anda, kombinasi pepaya dan lemon juga meningkatkan risiko anemia.

Dokter juga menyarankan hal ini untuk anak-anak.

 

6 dari 6 halaman

5. Jambu Biji dan Pisang

Merah dan kuning adalah warna yang identik dengan dua buah ini. Jika dicampurkan mungkin akan terlihat jauh lebih menarik.

Namun, jangan coba-coba. Sebab, jika Anda mencampurkan jambu biji dan pisang maka kemungkinan besar Anda akan mengalami beberapa gangguan pada tubuh.

Seperti risiko asidosisi, mual, penumpukan gas dan sakit kepala yang terus menerus kian dirasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.