Sukses

3 Fakta Video Viral 'Pernikahan Gay' yang Gegerkan Arab Saudi

Liputan6.com, Riyadh - Publik Arab Saudi dibuat geger setelah sebuah video yang diduga sebagai pernikahan pasangan gay viral di negara tersebut.

Dikutip dari laman Newsweek.com, Kamis (11/1/2018), sebuah rekaman video menunjukkan dua orang pria berpakaian gamis ala laki-laki Saudi tengah berjalan menyusuri lorong dan diduga melakukan ritual pernikahan.

Dalam video juga tampak sejumlah orang yang turut menyaksikan  prosesi tersebut.

Peristiwa itu membuat geger dan cukup menyita perhatian para publik hingga aparatur sipil Arab Saudi.

Warganet di Timur Tengah telah memposting komentar bernada negatif, serta menuntut aparat keamanan agar menangkap orang-orang yang terlibat.

Kendati demikian, kasus tersebut masih bersifat spekulatif. Banyak pihak yang mengira bahwa keduanya bukanlah pasangan gay. Ada pula yang menyebut bahwa video itu hanya parodi belaka dan bertujuan untuk mengundang tawa.

Berikut, 3 fakta seputar video viral yang diduga sebagai pernikahan gay di Arab Saudi, seperti Liputan6.com kutip dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. TKP di Dekat Mekah

Otoritas telah mengerahkan personel untuk menelusuri sumber dan mengecek keaslian video viral pernikahan gay di Arab Saudi itu.

Seperti dikutip dari Newsweek, polisi Saudi mengatakan tak akan menganggap enteng persoalan tersebut dan mencari tahu kebenaran video itu.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menemui bukti bahwa pernikahan gay itu benar-benar terjadi dan dilangsungkan di Aradiyat tak jauh dari Kota Mekah.

 

2 dari 4 halaman

2. Sejumlah Tersangka Ditangkap

Seperti dikutip dari media Inggris untuk segmen pembaca LGBT Pink News, otoritas di Arab Saudi mengaku telah mengidentifikasi dan menangkap sejumlah pelaku yang tampak dalam video tersebut.

Polisi juga menambahkan bahwa peristiwa itu telah diproses menjadi sebuah kasus kriminal dan telah diserahkan ke kantor kejaksaan.

Namun, aparat tak mengelaborasi lebih lanjut mengenai identitas para individu serta tuduhuan yang akan dihadapi orang-orang tersebut.

3 dari 4 halaman

3. Terancam Hukuman Mati

Seperti dikutip dari Pink News, Arab Saudi adalah salah satu negara di dunia yang memiliki hukum ketat terhadap aktivitas LGBT, dengan berlandaskan pada hukum syariat Islam.

Dalam konteks video viral tersebut, jika pengadilan Arab Saudi berhasil membuktikan kedua pria itu sebagai pasangan gay, maka mereka akan menghadapi ancaman berupa denda, hukuman dera hingga cambuk, pengusiran, penjara hingga seumur hidup, atau hukuman mati.

 

Saksikan video dugaan pernikahan gay di Arab Saudi berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Sebut Mendiang Dolores O'Riordan Jadi 'Zombie', Koran Ini Dikecam
Artikel Selanjutnya
Hacker Pembobol Akun Selebritas Top Terancam 5 Tahun Penjara