Sukses

Gempa 7,8 SR Guncang Honduras, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Liputan6.com, Tegucigalpa - Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang pesisir utara Honduras pada 10 Januari 2018. Demikian menurut U.S. Geological Survey.

Menurut abc7.com, pusat lindu itu berasa di 201,8 km di timur laut pesisir Barra Patucca, Honduras. Media Amerika Serikat itu juga mengabarkan belum ada laporan adanya kerusakan.

Sementara itu Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengeluarkan peringatan tsunami, usai gempa dengan kedalaman 33 km itu terjadi.

"Berdasarkan parameter gempa bumi awal, ada kemungkinan gelombang tsunami berbahaya yang berlokasi 1.000 km dari pusat gempa," demikian keterangan yang dirlis PTWC dalam websitenya.

PTWC mengatakan, badan pemerintah di wilayah yang berpotensi terdampak tsunami bertanggung jawab untuk menginformasikan dan menginstruksikan penduduk sesuai dengan tata cara dan prosedur.

"Penduduk yang berada di area yang terancam harus terus waspada mengenai informasi dan instruksi nasional dan orang yang berwenang dan otoritas setempat," ujar PTWC.

Artikel Selanjutnya
17-1-1995: Gempa 7,2 SR Guncang Kobe, 200 Orang Tewas
Artikel Selanjutnya
Gempa 7,1 SR Guncang Peru, 2 Orang Tewas