Sukses

Unik, Seekor Kambing di India Doyan Merokok dan Kunyah Tembakau

Kambing di India ini gemar nongkrong di warung kopi dan pasar agar berharap diberi rokok oleh pria-pria yang ada di sana.

Liputan6.com, Mandya - Lazimnya, seekor kambing makan rumput dan dedaunan sebagai sumber energi. Tak hanya kambing, hewan herbivora lain seperti sapi dan kerbau pun juga doyan makan rerumputan.

Namun, ada keanehan yang terjadi. Di India ada seekor kambing milik warga yang ternyata gemar makan tembakau. Bahkan kebiasaanya sama seperti sebagian manusia yaitu merokok.

Dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (10/1/2018), karena kebiasaannya yang terbilang aneh. Kambing ini begitu populer bagi warga Mandya, India.

Jika seekor kucing di warung makan kerap menunggu tulang dan sisa makanan, maka kambing ini gemar nongkrong di warung kopi dan pasar agar berharap diberi rokok oleh pria-pria yang ada di sana.

Selain mengisap sebatang rokok, kambing ini juga suka mengunyah tembakau atau yang kerap disebut warga lokal dengan sebutan 'beedis'.

Yashwant, seorang pemilik kambil itu mengatakan bahwa hewan peliharaannya tersebut mulai menyukai rokok saat memakan setiap puntung rokok yang ada di jalan atau tempat sampah.

"Sejak saat itu saya rasa kambing itu doyan dan kacanduan rokok. Bahkan saya pernah melihat kambing itu menjilati bungkus rokok kosong," ujar Yashwant.

Mulanya, pria itu tak khawatir karena kebanyakan peternak menggunakan tembakau sebagai obat pengusir parasit dan cacing dalam perut kambing.

Apabila kambing peliharaan mereka sakit, biasanya para peternak memberikan tembakau itu kepada hewan ternaknya.

Namun hal ini dibantah oleh dokter yang mengatakan bahwa tembakau mengandung racun nikotin yang malah bisa mengakibatkan penyakit dan kematian pada hewan, termasuk kambing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kambing Selamatkan Satu keluarga dari Kebakaran

Belum lama ini, ada seekor kambing yang juga jadi bahan pembicaraan. Seekor kambing peliharaan menjadi penyelamat satu keluarga di Arkansas, Amerika Serikat, dari insiden kebakaran. Abigail Bruce (10), pemilik hewan itu mengatakan, kambing yang diberinya nama Speedy berhasil membangunkannya sebelum peristiwa fatal terjadi.

Menurut bocah itu, ia tengah tertidur di ruang keluarga ketika Speedy menguncang tubuhnya dengan "memukul-mukul" kakinya sebelum akhirnya hewan itu mengembik dan ia terjaga.

"Saya bertanya-tanya, apa yang terjadi? Dan seketika saya melihat asap," ujar Abigail kepada WREG seperti dilansir UPI.

Bocah perempuan itu segera berlari ke kamar orang tuanya, sementara ia berjuang untuk tetap bernapas di tengah asap yang memenuhi rumah mereka. Ayahnya, Nick Bruce menemukan bahwa si jago merah telah melalap garasi rumah mereka.

"Api sudah mulai menjalar melalui jendela," ujarnya.

Namun beruntung keluarga Bruce berhasil melompat melalui jendela kamar tidur. Keselamatan mereka, tak lepas dari peran Speedy. Meski pada awalnya Bruce tidak terlalu menyukai hewan berkaki empat itu.

"Dia tahu apa yang harus dilakukan," kata Abigail.

Speedy sebenarnya merupakan hadiah di hari ulang tahun Abigail di mana momen tersebut terjadi dua hari sebelum api melalap kediaman keluarga itu.

"Saya pribadi, tidak terlalu menyukainya. Saya tidak ingin punya hubungan dengan kambing, tapi setelah peristiwa ini, saya rasa Speedy datang pada saat yang tepat," jelasnya.

Sementara itu, Abigail mengakui bahwa kini Speedy sangat berarti bagi dirinya.

"Saya suka kambing kecil itu. Saya rasa dia sangat berarti sekarang, bukan hanya sekarang tapi selamanya," ungkap Abigail.

Pihak penyelidik menjelaskan, kebakaran kemungkinan dipicu oleh masalah listrik. Kini keluarga Bruce tinggal di salah seorang teman mereka hingga kondisi memungkinkan untuk kembali ke rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.