Sukses

Sebagian Gurun Sahara Tertutup Salju 40 Cm, Pertanda Apa?

Salju setebal 40 cm dilaporkan menutupi sebagian kawasan Gurun Sahara di Aljazair. Kenapa?

Liputan6.com, Ain Sefra, Aljazair - Salju dilaporkan turun hingga ketebalan 16 inci (40 cm) di kawasan Gurun Sahara setelah sebuah anomali musim dingin terjadi di sana. Dikutip dari laman Daily Mail, Selasa (9/1/2018), ini merupakan kali ketiga dalam 37 tahun terakhir wilayah Kota Ain Sefra di Aljazair mengalami hujan salju di atas pasir gurun.

Anomali salju tersebut dikabarkan muncul tiba-tiba pada Minggu pagi. Suhu gurun yang lebih dingin pada bulan Januari membuat salju mengendap cukup tebal di gundukan pasirnya. Sementara di pusat kota, salju tampak terlihat hanya setinggi 1 hingga 2 inci, dan seketika mencari kurang dari 24 jam.

Karim Bouchetata, seorang fotografer profesional yang tengah berada di lokasi, mengaku terkejut melihat fenomena salju tersebut dan mengabadikan melalui lensa kameranya.

"Kami di sini sangat terkejut melihat salju di pagi hari, dan itu bertahan hingga sepanjang hari hingga mulai meleleh pada pukul lima sore," jelas Bouchetata.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gurun Sahara Dilanda Salju untuk Kali Ketiga Sejak 40 Tahun Terakhir

Pada 2016, kota berjuluk "Gerbang Gurun" itu juga mengalami anomali salju beberapa waktu setelah malam Natal. Kejadian tersebut menimbulkan beberapa kekacauan di kota. Beberapa kendaraan yang melintas di jalanan kota tergelincir karena jalan berubah licin saat salju mencair.

Selang sebulan setelahnya, salju kembali turun di kota itu, dan anak-anak setempat berebutan membuat boneka salju dan bahkan berseluncur di atas gurun yang tertutup salju.

Jauh sebelumnya, salju juga pernah turun di lokasi serupa pada 18 Februari, 1979, tapi hanya bertahan kurang dari satu jam.

3 dari 3 halaman

Buntut dari Badai Musim Dingin Eleanor

Otoritas setempat mengatakan bahwa anomali salju tersebut merupakan buntut dari Badai Eleanor yang terjadi di kawasan Eropa Barat pada akhir pekan lalu. Embusan angin dingin tersebut terus bergerak ke arah timur laut melewati sebagian Gurun Sahara dan kemungkinan akan melemah sebelum mencapai Laut Merah.

Kota Ain Sefra sendiri berlokasi di ketinggian 3.280 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh pegunungan Atlas. Namun, lokasinya yang berada di ketinggian bukan berarti membuat anomali salju dimaklumi, karena suhu terendah pada musim dingin hampir tidak pernah berada di bawah 10 derajat Celcius.

Luas Gurun Sahara mencakup sebagian besar kawasan Afrika Utara dan telah mengalami penurunan suhu dan kelembapan yang cukup signifikan dalam beberapa ratus ribu tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini