Sukses

Kembang Api Meledak, Ribuan Penonton di Pantai Sydney Dievakuasi

Atraksi kembang api berubah menjadi kebakakaran dan meledak tak terkendali di Pantai Terrigal, Sydney, Australia, 31 Desember 2017

Liputan6.com, Sydney - Warga di Australia, terutama di Sydney kini tak sabar menanti perayaan malam tahun baru 2018. Biasanya, di sejumlah titik pusat keramaian, pemerintah setempat menggelar pesta kembang api.

Namun, kemeriahan Tahun Baru 2018 tak berlaku bagi ribuan penonton di pantai Central Cost, Sydney, New South West (NSW). Pasalnya, atraksi kembang api berubah menjadi kebakakaran dan meledak tak terkendali.

Dilansir dari News.com.au pada Minggu (31/12/2017), sebuah tongkang yang membawa kembang api terbakar pukul 21.00 waktu Australia di Pantai Terrigal, Sydney.

Dua operator kembang api bersertifikat (pyrotechnicians) terpaksa terjun keluar tongkang di pantai NSW Central Cost. Keduanya menderita luka ringan.

Ribuan penonton terpaksa dievakuasi beberapa saat sebelum pesta kembang api dimulai pukul 21.000. NSW Fire and Rescue mengatakan, dua operator itu berhasil diselamatkan oleh pengunjung dan sudah dirawat paramedis.

Saksi mata berkicau di Twitter menggambarkan adegan kekacauan saat kapal tongkang tenggelam.

Insiden ini terjadi saat lebih dari satu juta orang mendatangi ke Sydney Harbour untuk menyaksikan kembang api tahun baru 2018 yang terkenal di kota itu.

Tahun baru 2018 dalam hitungan jam dan Sydney terkenal dengan tampilan kembang api yang mempesona yang menarik perhatian pengunjung untuk menikmati pesta itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sydney Siapkan Delapan Ton Kembang Api untuk Tahun Baru

Malam perayaan tahun baru di Kota Sydney, Australia, tercatat sebagai salah satu yang terbesar dan dinanti-nantikan di dunia. Pasalnya, Sydney menjadi satu dari sejumlah kota yang mengalami pergantian tahun lebih awal.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pesta malam pergantian tahun akan terpusat di kawasan Sydney Harbour. Pesta kembang api dan penampilan tata cahaya yang megah pun akan ditampilkan.

Dari laporan City of Sydney, malam pesta tahun baru 2018 akan menggunakan delapan ton kembang api, atau satu ton lebih banyak dibandingkan dengan setahun sebelumnya.

Dikutip dari ABC Australia Plus, Minggu 30 Desember 2017, langit di Kota Sydney juga akan dihujani dengan sekitar 13 ribu kembang api jenis shell dan 30 ribu tembakan kembang api jenis komet. Pemerintah Kota Sydney mengatakan, puluhan ribu kembang api akan ditembakkan ke udara dari 175 lokasi di kawasan Sydney Harbour.

Tidak ketinggalan pula 10 ribu jenis efek akan menghiasi Opera House dan Sydney Harbour Bridge.

Teknologi yang digunakan pun tentu saja tidak kalah canggih, seperti hampir tiga ribu lampu efek yang akan mengikuti alunan musik dan disesuaikan dengan letupan dan warna-warna kembang api.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.