Sukses

Duta Besar Baru China untuk RI Telah Tiba di Jakarta

Duta Besar China Terpilih untuk RI, Xiao Qian telah tiba di Jakarta, Jumat, 30 Desember 2017. Ia akan resmi dilantik pada awal tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar China terpilih untuk RI, Xiao Qian, telah tiba di Indonesia. Dari Beijing, ia mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat, 30 Desember 2017 pukul 11.45 waktu setempat.

Sejumlah kendala aviasi membuat Xiao Qian terlambat mendarat dari jadwal yang sudah ditentukan. Kendati demikian, sang diplomat senior itu tetap tiba dengan selamat.

Xiao Qian disambut oleh sejumlah pejabat diplomatik dan atase Kedutaan Besar China di Jakarta, Kamar Dagang China untuk Indonesia, serta perwakilan Kementerian Luar Negeri RI. Turut hadir sejumlah pengusaha dan pebisnis Tiongkok di Tanah Air.

"Maaf saya terlambat. Tadi di Beijing ada satu penumpang yang sakit di pesawat Air China yang saya tumpangi, sampai harus mendatangkan petugas medis," kata Xiao Qian ramah kepada rombongan penyambut di Terminal 1 VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (29/12/2017).

Sang Dubes terpilih kemudian menyempatkan diri untuk bersalaman, beramah-tamah, dan berfoto bersama para rombongan penyambut.

Setelah itu, Xiao Qian menyempatkan untuk menyegarkan diri sejenak. Mengingat, ia baru saja melakukan penerbangan panjang Beijing - Jakarta yang memakan waktu sekitar 7 jam 15 menit dan bahkan sempat mengalami sejumlah kendala.

Duta Besar China Terpilih untuk Indonesia, Xiao Qian (kiri) bersama dengan Perwakilan Kemlu RI, Bayu Hari Saktiawan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (29/12/2017) (Rizki Akbar Hasan/Liputan6.com)

Usai itu, Xiao Qian pun duduk berbincang singkat bersama dengan Wakil Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI, Bayu Hari Saktiawan, selaku perwakilan pemerintah Indonesia.

"Mewakili pemerintah RI, saya ucapkan selamat datang di Jakarta," kata Bayu.

"Sekali lagi saya ucapkan kepada Anda, maaf saya terlambat," balas Xiao Qian.

"Sungguh dapat dimengert,i Pak," timpal Bayu.

Percaya Diri dengan Hubungan China - RI

Melanjutkan perbincangan, pria yang pernah menjabat sebagai Dubes China untuk Hungaria itu mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang indah dan sangat ramah.

Ia kemudian mengatakan, "Indonesia dan China punya hubungan yang sangat baik. Kedua presiden kita, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo juga demikian."

Kepada Bayu, Xiao Qian berkata, kehadirannya di Tanah Air adalah untuk memetakan masa depan Beijing - Jakarta, dan menggali segala kemungkinan demi meningkatkan serta memperdalam hubungan kedua negara agar lebih dari yang sebelumnya.

"Beban tugasnya sungguh terasa," kata Xiao Qian berkelakar.

Duta Besar China Terpilih untuk Indonesia, Xiao Qian (keempat dari kanan) bersama dengan korps diplomatik dan atase Kedutaan China di Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (29/12/2017) (Rizki Akbar Hasan/Liputan6.com)

"Tapi saya juga sangat percaya diri bahwa hubungan kita, untuk aspek bilateral dan ekonomi, akan semakin baik. Saya juga telah siap untuk bekerja bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, baik itu pemerintah saya dan Anda untuk mencapai tujuan tersebut," kata pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Asia Kementerian Luar Negeri China itu.

Menanggapi Xiao Qian, Bayu Hari Saktiawan mengatakan bahwa Kemlu RI akan segera mengatur jadwal pertemuan dengan pihak Kedutaan China di Jakarta. Kedua pihak akan saling bertukar taklimat dan membahas urusan diplomatik Tiongkok - Tanah Air.

"Termasuk persiapan seremoni penyerahan Credential Letter dengan Presiden Joko Widodo dan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi," tutup Bayu.

Kepada Liputan6.com, seorang sumber diplomatik anonim dari Kedutaan China di Jakarta menyebut, Xiao Qian mungkin akan melaksanakan seremoni penyerahan Credential Letter pada akhir Januari 2018 -- menandai peresmian status Xiao Qian sebagai Duta Besar baru China untuk Indonesia.

Jika telah resmi dilantik, Xiao Qian akan menjadi Dubes China untuk RI yang ke-12 dalam sejarah diplomatik kedua negara -- yang akan memasuki usianya yang ke 68 tahun pada 13 April 2018 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dubes Xie Feng Akhiri Masa Jabatan pada Juni 2017

Dubes China untuk RI sebelumnya, Xie Feng, telah mengakhiri masa jabatannya sebagai pemimpin korps diplomatik Tiongkok di Tanah Air sejak Juni 2017.

Acara perpisahan digelar pada Selasa, 6 Juni 2017, tepat 1.100 hari setelah ia ditunjuk sebagai Dubes China di Indonesia.

"1.100 hari yang lalu, saya ditunjuk menjadi Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia. Pada hari ini, tiga tahun yang lalu, saya menyerahkan salinan surat kepercayaan kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia," ujar Dubes Xie Feng di Grand Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta.

"Dan hari ini, saya akan menjadi tuan rumah resepsi terakhir dalam kapasitas saya sebagai Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut sang diplomat mengaku 1.100 hari yang telah ia lewati terasa padat dan melelahkan. Namun, hal tersebut malah memberi tantangan tersendiri dan pada akhirnya memperoleh hasil yang memuaskan.

"Dalam tiga tahun terakhir ini, saya telah mencari pengetahuan dan wawasan dari Anda semua karena keterbatasan pemahaman saya terhadap Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir ini, saya telah mengabdikan semua semangat saya untuk mendorong persahabatan dan kerja sama antara kedua negara," ucap Xie Feng.

Sepeninggalan Xie Feng, tugas Duta Besar diisi oleh sejumlah diplomat dari korps diplomatik Kedutaan China di Indonesia. Para diplomat itu antara lain Konsuler Ekonomi dan Komersial, Wang Liping serta PLT Dubes Sun Weide.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.