Sukses

Legenda AC Milan George Weah Terpilih Jadi Presiden Liberia

Hasil penghitungan menunjukkan, George Weah mengungguli rivalnya, Joseph Boakai, dengan perolehan lebih dari 60 persen suara.

Liputan6.com, Monrovia - Mantan bintang sepak bola George Weah terpilih menjadi Presiden Liberia. Hasil perhitungan menunjukkan, Weah mengungguli rivalnya, Joseph Boakai, dengan perolehan lebih dari 60 persen suara.

Dikutip dari BBC, Jumat (29/12/2017), pendukung Weah merayakan kemenangan itu di ibu kota Liberia, Monrovia.

Dengan kemenangan itu, Weah akan menggantikan Ellen Johson Sirleaf, yakni presiden perempuan pertama di Afrika.

"Warga Liberia, saya sungguh merasakan emosi di seluruh negeri," ujar Weah di Twitter setelah hasil pemungutan suara diumumkan.

"Saya mengukur pentingnya tugas dan tanggung jawab besar yang saya emban hari ini. Perubahan akan terus berlangsung," imbuh Presiden Liberia terpilih itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Legenda AC Milan

Weah sempat menjadi bintang klub sepak bola Eropa papan atas, Paris St-German dan AC Milan. Ia kemudian melanjutkan karirnya di Inggris dan sempat bergabung di Chelsea dan Manchester City.

Ia adalah satu-satunya pesepakbola Afrika yang memenangkan Ballon D'Or dan Fifa World Player of the Year.

Pria kelahiran 1 Oktober 1966 itu masuk ke dunia politik, setelah pensiun dari dunia sepak bola pada 2002. Sebelum terpilih menjadi presiden, Weah menjadi senator parlemen Liberia.

 

3 dari 3 halaman

Putaran Kedua

Pada Oktober lalu, Weah memenangkan putaran pertama pemilihan presiden dengan memperoleh 38,4 persen suara. Sementara itu posisi kedua ditempati oleh Boakai dengan 28,8 persen suara.

Kegagalan kedua kandidat untuk mendapat suara mayoritas, membuat pemilihan putaran kedua (run-off) diadakan.

Setelah dilakukan pilpres putaran kedua, Komisi Pemilihan Umum (NEC) pada 28 Desember 2017 secara resmi mengumumkan bahwa dari 98,1 persen suara yang masuk, Weah memenangkan 61,5 persen suara.

Lebih dari dua juta orang berhak memberikan suaranya dalam Pilpres Liberia, sebuah negara dengan jumlah penduduk 4,6 juta jiwa.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.