Sukses

Anak Pangeran Charles Berencana Kunjungi Kanada

Pangeran William dan Kate Middleton akan mengunjungi Kanada untuk kunjungan luar negeri resmi pertama mereka sebagai pasangan yang sudah menikah kata pejabat istana pada Rabu (17/2).

Liputan6.com, London: Pangeran William dan Kate Middleton akan mengunjungi Kanada untuk kunjungan luar negeri resmi pertama mereka sebagai pasangan yang sudah menikah kata pejabat istana pada Rabu (17/2).

Kunjungan itu akan dilangsungkan dari 30 Juni hingga 8 Juli, dua bulan setelah pernikahan mereka di gereja Westminster Abbey London pada 29 April, sebagaimana dikutip dari AFP. "Pangeran William dan Nona Catherine Middleton menyetujui undangan dari pemerintah Kanada untuk melangsungkan tur kerajaan ke Kanada," kata kantor William di Istana St. James dalam suatu pernyataan.

William yang juga pilot pencarian dan penyelamatan (SAR) itu berada di garis langsung untuk menjadi raja Kanada setelah ayahnya Pangeran Charles ahli waris tahta ke-16 Persemakmuran Inggris termasuk Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru. Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengatakan ia "senang" dengan kunjungan tersebut dan menambahkan bahwa hal itu merupakan "perjanjian atas kedekatan hubungan negara kami dengan anggota keluarga kerajaan".

William, anak Charles dan princess of Wales, Diana, mengunjungi Kanada terakhir kali ke kota Vancouver saat ia berusia 15 tahun pada 1998 dengan ayah dan adiknya Pangeran Harry. Juru bicara istana St. James menambahkan bahwa "Pangeran William senang dapat mengunjungi Kanada sebagai orang yang sudah dewasa dan dapat mengenalkan istrinya ke negara yang punya hubungan dekat di hati keluarganya."

Ratu Elizabeth dan suaminya Pangeran Philip terakhir kali mengunjungi Kanada pada Juli lalu dan pada 2009 Charles dan istrinya Duchess of Cornwall, Camilla, juga pergi ke sana. Kanada adalah tujuan biasa bagi anggota kerajaan. Ratu Elizabeth mengunjungi negara itu lebih dari 20 kali, lebih banyak dari negara mana pun.

Kunjungan itu juga dianggap oleh para pengamat sebagai pilihan aman sebagai suatu kunjungan luar negeri yang dapat diterima bagi pasangan yang baru menikah tersebut dan pengenalan langsung kunjungan resmi kerajaan bagi Kate Middleton. (AFP/Ant/ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.