Sukses

24-12-1968: Manusia Mengorbit Bulan untuk Pertama Kali

Liputan6.com, Houston - Sebelum Neil Armstrong bersama dua rekannya, Michael Collins dan Edwin "Buzz" Aldrin mendarat ke Bulan pada 16 Juli 1969, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah melakukan misi pengorbitan di bulan.

Tepat pada 49 tahun lalu, yakni 24 Desember 1968, tim misi Apollo 8 berhasil menjangkau dan mengorbit Bulan.

Seperti dimuat BBC, Frank Borman, James Lovell, dan William Anders yang terlibat dalam misi tersebut, berhasil tiba di luar angkasa, di titik 78 mil atau sekitar 125 km dari Bulan. Frank dan rekan-rekannya kemudian melesatkan Apollo 8-nya ke titik putaran Bulan.

Mesin pesawat sempat terbakar selama 4 menit, tapi Frank Borman dan rekan masih beruntung, bisa mengatasi gangguan teknis. Ketiga astronot itu kemudian melaporkan kondisi di orbit Bulan kepada masyarakat Amerika Serikat di Bumi, dalam laporan yang disiarkan televisi secara langsung.

"Bulan pada dasarnya, berwarna abu-abu. Tidak ada warna yang signifikan. Warna bulan ini seperti pasir di pantai, keabu-abuan," lapor James Lovell kepada NASA dan masyakarat.

Setelah berkomunikasi dengan orang-orang di Bumi, Frank Borman dan rekan melakukan ekspedisi mengitari bagian gelap Bulan. Mereka melihat lebih dekat bagaimana penampakan Bulan.

Sekitar dua jam kemudian, para astronot kembali membuka komunikasi dan siaran langsung untuk warga di Amerika Serikat dari titik orbit 69 mil atau 110 km dari Bulan. Mereka memperlihatkan bagaimana keindahan alam semesta di luar angkasa.

Sembari melakukan siaran langsung itu pada 24 Desember malam, Frank Borman mengucapkan Selamat Natal. "Dari kami, kru pesawat Apollo 8, kami pamit sejenak, selamat malam, Selamat Natal dan semoga Tuhan memberkati kita semua."

Selama di luar angkasa, ketiga astronot merasa makanan yang disiapkan dari rumah, terasa kurang enak. Tapi Frank Borman dan rekan tetap dalam kondisi prima, dan melakukan beberapa kegiatan di misi tersebut sesuai jadwal. Mereka pun pulang dan tiba di Bumi dengan selamat, setelah 20 jam berada di luar angkasa.

Misi selanjutnya dilakukan pada tahun 1969. Kala itu Apollo 9 diluncurkan untuk menguji coba pendaratan di Bulan. Pada Juli 1969, kru Apollo 11 yang dipimpin Neil Armstrong berhasil mendarat dan menginjakkan kaki di Bulan.

Sejarah lain mencatat pada 24 Desember 1951, Libya merdeka dari Italia dan Idris I diangkat menjadi Raja Libya. Kemudian 24 Desember 1974, Kota Darwin hampir rusak seluruhnya setelah dilanda Siklon Tracy.

Artikel Selanjutnya
Guardians Of The Galaxy Vol. 3 Diumumkan, Fans Penasaran Soal Ini
Artikel Selanjutnya
Pameran Surat Cinta Albert Einstein Dikawal Ketat Polisi