Sukses

6 Jasad Tergantung Ditemukan di Meksiko

Diduga, jasad-jasad itu adalah korban pembunuhan geng narkoba.

Liputan6.com, Los Cabos - Enam jasad ditemukan dalam kondisi tergantung di tiga jembatan berbeda di Los Cabos, semenanjung Baja California, Meksiko pada Rabu malam waktu setempat.

Jaksa menyebut, dua mayat ditemukan di sebuah jembatan di Las Veredas, dekat Bandara Internasional Los Cabos. Dua mayat ditemukan di jembatan yang ada di jalan raya antara Cabo San Lucas dan San Jose del Cabo.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (21/12/2017), jaksa mengatakan dua mayat lainnya ditemukan di jembatan ketiga dekat bandara.

Pihak berwenang tidak memberikan rincian tentang apa yang terjadi pada jasad-jasad tersebut. Namun menurut mereka, geng narkoba kerap menggantung mayat korbannya di muka umum.

Diduga tindakan itu dimaksudkan untuk mengintimidasi pesaing mereka. Otoritas setempat menambahkan, kekerasan antar geng narkoba kerap pecah di Meksiko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kekerasan Terus Melonjak

Angka kekerasan terus melonjak di Baja California, terutama di sekitar resor Los Cabos, yang dikenal ramai karena sering dikunjungi jutaan turis asing setiap tahunnya. Pada tahun ini, kekerasan berupa perang geng ditetapkan sebagai yang paling mematikan dalam sejarah modern.

Tak tanggung-tanggung, bahkan para pelaku berani melawan pihak keamanan. Dilaporkan, Kepala Polisi Los Cabos Juan Manuel Mayorga ditembak mati pekan lalu. Ia tewas seketika.

Gubernur Negara Bagian Baja California, Sur Carlos Mendoza Davis mengatakan, kepolisian sedang menyelidiki insiden itu.

"Saya mengutuk keras tindakan itu dan kekerasan apapun. Hari ini bukanlah hari biasa di #BCS, kita harus bersatu," ucapnya melalui Twitter, membubuhkan hashtag #BCS yang merupakan inisial negara itu.

Munculnya Kartel Jalisco generasi baru membuat negara tersebut menghadapi perselisihan sengit dengan kelompok kriminal, sehingga memicu tingginya tingkat pembunuhan.

Pada Selasa waktu setempat, pihak berwenang Negara Bagian Utara Chihuahua menyebutkan 12 orang tewas dalam bentrokan antara kelompok bersenjata.

Pada Juni 2017, pihak berwenang Meksiko menemukan kuburan massal yang berisi mayat 11 pria dan 3 perempuan di dekat Los Cabos.

Kasus pembunuhan meningkat dua kali lipat di Baja California Sur tahun ini, dengan 409 orang terbunuh hingga Oktober 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini