Sukses

UU Disahkan, Ini Pernikahan Pasangan Sejenis Pertama Australia

Sepekan usai uu pernikahan sejenis disahkan, inilah pasangan sejenis yang pertama menggelar pernikahan secara legal.

Liputan6.com, Sydney - Dua pasangan sesama jenis telah mencetak sejarah dengan menjadi pasangan sesama jenis pertama yang menikah secara resmi di bawah Undang-undang Australia.

Lauren Price (31) dan Amy Laker (29), telah mengucapkan janji setia di Sydney, New South Wales (NSW) pada hari Sabtu 16 Desember 2017, atau satu pekan setelah undang-undang pernikahan yang baru mulai diberlakukan.

Upacara tersebut berlangsung di depan 65 tamu pada sebuah upacara di Taman Camden, barat daya Sydney, New South Wales. Demikian seperti dikutip dari Australia Plus pada Senin (18/12/2017).

Pernikahan pasangan sesama jenis yang pertama diperkirakan akan terjadi mulai 9 Januari tahun depan, namun beberapa pasangan telah memenuhi syarat yang memungkinkan mereka menikah lebih awal, termasuk Lauren dan Amy.

Keduanya berhasil mendapatkan pengecualian yang membebaskan mereka dari masa menunggu pernikahan selama satu bulan. Teman dan keluarga pasangan ini datang dari penjuru dunia untuk menjadi saksi di hari pernikahan mereka.

Sementara itu, pernikahan sejenis perdana lainnya yang mengejutkan datang dari pasangan Amy dan Elise McDonald. Keduanya menggelar upacara yang berlangsung di Carlton Gardens Melbourne, hari yang sama dengan Lauren dan Amy di Sydney.

Pasangan sesama jenis  itu mengikat janji di depan sekitar 60 tamu.

Pasangan tersebut mengatakan kepada harian Herald Sun bahwa mereka telah merencanakan sebuah upacara pernikahan pada akhir pekan mendatang, namun mereka menyadari kalau mereka belum bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan pembebasan dari otoritas pencatatan Kelahiran, Kematian dan Pernikahan (catatan sipil) karena alasan finansial.

Orang tua Elise McDonald terbang dari Asia untuk menghadiri upacara tersebut, sementara saudara kandungnya telah melakukan perjalanan jauh dari Uni Emirat Arab.

"Bisa menyelenggarakan upacara pernikahan sesama jenis secara legal itu sangat istimewa," katanya kepada Herald Sun terkait pernikahan pasangan sesama jenis itu. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpacu dengan Waktu

Pasangan Melbourne lainnya, Cas Willow (53) dan Heather Richards (56), juga akan menjadi yang pertama menikah dimana pernikahan mereka dijadwalkan akan berlangsung pada hari Senin 18 Desember 2017.

Pasangan ini berpacu melawan waktu karena Cas Willow menderita kanker payudara, yang telah menyebar ke otaknya.

Otoritas catatan sipil memberi izin kepada pasangan tersebut untuk menikah pada hari Senin sehubungan dengan keadaan Cas Willow.

"Saya bahkan tidak tahu apakah saya masih hidup sampai Natal, apalagi tanggal 9 Januari, jadi mereka mengizinkan kami untuk menikah lebih awal," Cas Willow mengatakan kepada AAP.

Pasangan tersebut mengatakan bahwa staf dari Peter MacCallum Cancer Center, di mana Cas Willow menerima perawatan, menyarankan agar mereka mengatur sebuah pernikahan instan yang diselenggarakan oleh rumah sakit tersebut.

"Kami sangat senang dapat mendukung perayaan pernikahan Cas and Heather," kata Dale Fisher, Kepala Eksekutif Rumah Sakit Peter MacCallum Cancer Center.

Pasangan tersebut sudah bertunangan saat Parlemen federal melegalkan pernikahan sesama jenis.

"Itu berarti hubungan kami tidak hanya akan ditolerir saja, tapi akan diterima," kata Richards.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini