Sukses

Kehujanan, Tunawisma Ini Selamatkan Uang Milik Orang Tak Dikenal

Ia bahkan sampai rela berdiri selama dua jam, basah kuyup karena kehujanan, kedinginan, demi menunggu pemilik uang kembali ke mobilnya.

Liputan6.com, Glasgow - Seorang pria tunawisma melakukan tindakan heroik untuk menyelamatkan barang berharga milik orang tak dikenal di jalanan Kota Glasgow, Skotlandia.

James John McGeown, sang tunawisma itu, rela menunggu berjam-jam, kehujanan, dan kedinginan demi melindungi uang tunai senilai 450 pound sterling, yang entah milik siapa, dan mencegah uang tersebut dicuri.

Awal cerita, McGeown mendapati sebuah mobil yang terparkir dengan kondisi kaca terbuka. Penasaran, ia menghampiri mobil itu. Tak ada seorang pun di dalamnya. Terkejut, ia menemukan sebuah tas berisi uang tunai di kursi depan mobil.

Tas tersebut, kata dia, kemungkinan tertinggal oleh pemilik mobil karena kondisinya pun terbuka. Beruntung bagi si pemilik mobil, McGeown adalah orang berhati baik. Ia kemudian berdiri di dekat mobil selama lebih dari dua jam, menjaga uang tersebut, dan waspada jikalau ada pencuri yang merampas tas dan mobil. Ia menunggu pemiliknya kembali.

Akhirnya, karena si pemilik mobil tak kunjung datang, ia memutuskan untuk membawa uang tersebut ke tempat yang dirasanya lebih aman. Ia mengulurkan tangan ke dalam mobil, -- lantaran mobil dikunci dan ia tak ingin mencongkel pintu mobil -- mengeluarkan tas tersebut, dan menyerahkannya ke Livingstone Brown Solicitors, pengacara hukum berbasis di Glasgow.

Cerdas, ia meninggalkan sebuah catatan kecil di dalam mobil itu. Kepada si pemilik, McGeown mennyampaikan pesan bahwa tasnya aman. Tak lama setelah itu, John McMonagle, si empunya tas, kembali ke mobilnya bersama koleganya, Alyshia. Ia menemukan catatan yang ditulis oleh McGeown dan langsung menuju Livingstone Brown Solicitors.

Setelah menemui McGeown dan pengacara di Livingstone Brown Solicitors, McMonangle mengucapkan banyak terima kasih dan mengapresiasi tindakan tunawisma itu. McMonagle tak mengira bahwa uang dan mobilnya selamat, tak dicuri, tak ada satu pun yang hilang.

"Saya berbincang dengannya dan dia pria yang baik, kami berbicara panjang lebar. Saya terkesan, dia memegang uang sebesar £450 dan mobil saya bernilai £35.000," katanya, dilansir The Independent, Minggu (17/12/2018).

"Dia menyerah untuk menjaga barang-barang saya karena kedinginan. Dia lalu menyerahkan uang saya ke seorang pengacara. Padahal, dia bisa saja membawa kabur uang dan mobil saya, lalu membeli baju dan sepatu baru untuk menghangatkan badannya," lanjut McMonagle.

Dia menambahkan, tindakan yang dilakukan oleh McGeown padanya amat berisiko. Tunawisma itu bisa saja dituduh sebagai pencuri oleh orang yang melihat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendirikan Website untuk Tunawisma

Sebagai ucapan terima kasih, kini McMonagle lewat situs webs Go Fund Me, mengumpulkan dana sebesar 5,000 pound sterling untuk McGeown dan para tunawisma di daerah tersebut.

Sejauh ini, dana terkumpul sudah lebih dari 3,000 pound sterling.

"Kami mengumpulkan uang untuk James John McGeown, juga tunawisma di Glasgow dan Clydebank. Uang tersebut atas nama John McMonagle, sedangkan 5,000 pound sterling pertama akan diberikan secara eksklusif kepada James John McGeown. Selanjutnya, dia akan mendapatkan minimal 10 persen dari dana terkumpul," ungkap McMonagle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini