Sukses

Unik, Pesawat Ini Gambar Pohon Natal di Angkasa

Liputan6.com, Hamburg - Pesawat jenis Airbus A380 tak berpenumpang terbang dari Hamburg, Jerman, pada 13 Desember siang. Dengan membawa semangat Natal, terlihat dari peta bahwa burung besi itu terbang di angkasa dengan membentuk pola pohon Natal lengkap dengan hiasannya.

Perjalanan yang khusus dilakukan hanya di Jerman itu digelar dalam rangka merayakan liburan Natal. Pesawat meninggalkan Bandara Hamburg pada pukul 12.47 siang dan penerbangan berlangsung selama hampir lima setengah jam.

Dikutip dari News.com.au, Sabtu (15/12/2017), penerbangan itu membentuk pola pohon natal dengan jumlah tiga tingkat, lengkap dengan pangkal pohon, hiasan-hiasan, dan puncak pohon yang tinggi. Foto dari peta penerbangan tersebut kemudian diunggah oleh akun Twitter FlightRadar24.

Flightradar24 merupakan pelacak penerbangan global yang menyediakan informasi real-time tentang lalu lintas udara di seluruh dunia melalui data dari berbagai sumber, termasuk satelit, dan radar.

Karya seni yang dihasilkan pesawat tersebut adalah bagian dari percobaan tim penerbangan di Hamburg. Tim penerbang menggunakan kesempatan itu sebagai bagian dari evaluasi pemeliharaan dan sertifikasi pesawat yang baru maupun sedang dipakai.

Pola unik dari penerbangan itu mirip dengan yang dilakukan oleh Boeing 787-800 Dreamliner pada Agustus 2017. Di mana, pesawat tersebut menggambar bentuk dari pesawat itu sendiri.

Pada akhir September 2017, pilot dari maskapai Royal Air Force menjadi pusat perhatian setelah menggambar penis di langit Lincolnshire, Inggris sepanjang 56 km.

Gambar tak pantas di angkasa tersebut terdeteksi oleh radar yang memantau dunia penerbangan di Inggris. Mereka mengikuti jejak pesawat yang ada untuk disebarkan ke publik dan diamati oleh para penggemar pesawat. (Affifa Zahra)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat 'Menulis' Kata Hello di Angkasa

Jejak unik yang terdeteksi oleh radar juga pernah terjadi pada Desember 2016. Pilot jet yang tidak diketahui identitasnya tersebut sengaja menerbangkan pesawatnya sehingga menghasilkan pola tulisan "hello".

FlightRadar24 yang juga melacak penerbangan itu mencatat, pesawat mengudara selama 37 menit, dimulai di dekat Agathenburg, wilayah Niedersachsen, Jerman, pada November 2016 sore.

Pesawat Robin DR400/180 Regent yang digunakan dalam penerbangan itu telah terdaftar di D-EFHN dan merupakan jet milik pribadi.

Flightradar24 mengonfirmasi bahwa apa yang dilakukan Robin DR400/180 adalah penerbangan nyata. Pelacak penerbangan itu juga menambahkan, bahwa pesawat tersebut memiliki sejarah seni penerbangan yang inventif.

Sebelumnya, FlightRadar24 juga melacak pola berbentuk bunga, yang dihasilkan oleh pesawat pribadi yang mengudara di atas Santa Clara, California. Pelacak penerbangan itu menjulukinya dengan "Flower Guy".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.