Sukses

Seret Hiu dengan Speedboat, 3 Pria AS Ditangkap Polisi

Liputan6.com, Florida - Kepolisian Florida, Amerika Serikat menahan tiga orang pria atas kasus kekerasan terhadap hewan. Hal itu terjadi setelah video berdurasi 10 detik yang memperlihatkan seekor hiu jenis blacktip diseret menggunakan speedboat di media sosial.

Dilansir dari laman Straits Times, Kamis (14/12/2017), ketiga pelaku diidentifikasi bernama Michael Wenzel (21), Spencer Heintz (23), dan Robert Benac III (28).

Ketiga pelaku dinyatakan bersalah setelah Lembaga Konservasi Perikanan dan Margasatwa Florida menggelar investigasi terkait video tersebut.

Tak hanya dikenakan pasal kekerasan terhadap hewan, ketiga pria itu juga dikenakan pasal lain yaitu pencurian ikan secara ilegal, terutama hiu.

Video yang pertama kali direkam pada 26 Juni 2017 itu baru viral sebulan kemudian. Setelah Mark Quartiano -- pemimpin ekspedisi pencarian pemburu hiu -- mengunggah video tersebut ke media sosial.

Kini, video milik Quartiano itu sudah dilihat lebih dari 73 ribu pengguna Instagram.

"Video itu saya dapat dari orang yang mengirimnya ke pesan Instagram saya. Saya benar-benar terkejut," tambahnya.

Pihak berwenang mengatakan, ketiga pria itu awalnya melumpuhkan sang hiu jenis blacktip menggunakan senapan tombak.

Cara seperti ini jelas dianggap sebagai tindakan ilegal. Kini pihak berwenang akan menyelidiki kasus ini lebih lanjut. Jika terbukti bersalah menangkap ikan hiu akan dikenakan hukuman.

 

1 dari 2 halaman

Tangkap 200 Hiu dengan Tangan Kosong

Jika sebelumnya tiga orang pria ditangkap karena menangkap hiu dengan senjata dan ditarik dengan speedboat, maka beda halnya dengan pria satu ini.

Hanya dengan menggunakan tangan kosong, seorang pemuda asal Australia telah menangkap lebih dari 200 hiu yang konon disebut sebagai salah satu hewan yang paling ditakuti manusia.

Beberapa hasil tangkapannya terdiri dari hiu banteng yang memiliki panjang 2,7 meter, hiu martil 3,78 meter, dan hiu harimau dengan panjang 3,86 meter.

Kepada Australia Morning Show Today, Max Muggeride menceritakan pengalamannya saat menangkap dan melepaskan hiu-hiu tersebut.

"Ini semua untuk penelitian. Untuk mendapatkan sedikit pemahaman tentang hiu. Apa yang mereka lakukan, kapan tepatnya mereka naik dan turun ke garis pantai setiap tahunnya. Semua hanya demi mendapatkan sedikit pengetahuan," ujar Max yang masih berumur 19 tahun.