Sukses

Jendela Helikopter AS Jatuh di SD Jepang, 1 Orang Terluka

Kecelakaan yang melibatkan militer AS di Okinawa, Jepang, telah berulang kali terjadi. Peristiwa ini memicu ketegangan dengan warga lokal.

Liputan6.com, Tokyo - Bagian dari helikopter Amerika Serikat dilaporkan jatuh di sebuah sekolah di Okinawa, Jepang. Insiden ini memperbarui ketegangan antara militer AS dengan penduduk setempat.

Seperti dilansir BBC pada Rabu (13/12/2017) yang mengutip kantor berita Kyodo, jendela helikopter itu jatuh di halaman sekolah dan melukai sedikitnya satu anak laki-laki.

Okinawa, yang terletak di sebelah selatan pulau-pulau utama Jepang, merupakan rumah terbesar bagi militer AS di Negeri Sakura. Selama beberapa tahun terakhir, sejumlah insiden dan kejahatan telah memicu kemarahan warga lokal terhadap militer AS.

Menurut kantor berita Reuters, Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan, "insiden semacam ini menimbulkan kecemasan, tidak hanya bagi pihak sekolah, namun juga warga Okinawa dan seharusnya itu tidak pernah terjadi".

Militer AS telah mengonfirmasi bahwa salah satu jendela helikopternya jatuh ke lapangan olahraga di sebuah sekolah dasar di luar Markas Udara Korps Marinir AS Futenma.

"Kami menanggapi laporan ini dengan sangat serius dan sedang menyelidiki penyebab kejadian ini melalui koordinasi erat dengan pemerintah daerah. Ini adalah kejadian yang disesalkan dan kami mohon maaf atas kegelisahan yang ditimbulkan di tengah masyarakat," sebut pernyataan pihak militer AS.

Kehadiran militer AS di Okinawa merupakan bagian penting dari aliansi keamanan pasca-perang antar kedua negara.

Markas Futenma terletak di kawasan permukiman, di mana terdapat pula sekolah, ruko dan rumah sakit. Kekhawatiran warga terkait dengan kecelakaan yang mungkin terjadi telah lama muncul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insiden di Okinawa

Pada Oktober 2017, kecelakaan menimpa sebuah helikopter AS CH-53 di utara Okinawa. Pesawat dengan baling-baling itu dilaporkan meledak setelah sempat mendarat. Namun seluruh penumpang yang berjumlah tujuh orang dilaporkan selamat.

Sementara itu, pada November, seorang pasukan AS menyebabkan kecelakaan mobil mematikan di Okinawa. Pemicunya adalah pasukan AS yang diketahui bernama Nicholas James-McLean mengemudi dalam kondisi mabuk.

Pasca-musibah tersebut, militer AL AS melarang anggotanya di Jepang mengonsumsi minuman beralkohol.

Pada 2016, pembunuhan seorang wanita dikaitkan dengan eks marinir yang bertugas di salah satu pangkalan. Insiden tersebut juga memicu larangan sementara terhadap alkohol dan juga jam malam.

Pemerintah AS sendiri ingin memindahkan markas di Futenma, yang merupakan markas marinir terbesar di Okinawa, ke lokasi yang lebih terpencil. Namun Gubernur Okinawa, Takeshi Onaga, dilaporkan memimpin sebuah upaya untuk sepenuhnya membubarkan pangkalan militer AS di pulau itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

Video Terkini