Sukses

Ngamuk Tak Jelas, Gajah Ini Pecahkan Kaca Bus Pariwisata

Liputan6.com, Xishuangbanna - Sebuah adegan menyeramkan terjadi China beberapa hari yang lalu. Seekor gajah raksasa menyerang sebuah bus yang tengah melintas.

Dilansir dari laman South China Morning Post, Selasa (12/12/2017), kejadian tersebut berlangsung di wilayah Xishuangbanna, Provinsi Yunnan.

Kala itu, sebuah bus wisata diserang oleh gajah liar bertubuh besar. Untungnya, tak ada penumpang dalam bus tersebut.

Gajah yang tiba-tiba muncul tersebut tampak mendorong dan menyeruduk bus. Hewan berbelalai itu juga merusak kaca pada bagian depan.

Melihat kejadian tersebut, petugas konservasi yang tiba di lokasi kejadian meminta sang pengemudi untuk meninggalkan bus yang ia naiki.

Meski sudah diperingatkan berkali-kali, sopir tetap berada di dalam bus. Setelah gajah itu meninggalkan lokasi kejadian barulah si pengemudi dapat keluar bus.

Tak ada luka-luka yang ia alami, tetapi kondisi bus sangat rusak dan penyok.

Selepas menyerang bus pariwisata, gajah itu bergesar ke lokasi lain. Hewan itu kemudian menyerang sebuah truk kosong yang tengah parkir di pinggir jalan.

Gajah yang terlihat mengamuk itu hampir membuat truk yang terparkir terbalik.

Belum diketahui secara pasti apakah gajah ini benar-benar gila atau stres. Namun yang jelas, pejabat kehutanan setempat mengatakan bahwa gajah yang ada di wilayah konservasi itu sedang tersesat saat ingin mencari jalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stres Musim Kawin, Gajah Serang Mobil

Insiden gajah menyerang sebuah mobil juga pernah terjadi di Thailand.

Kala itu, seekor gajah tertangkap kamera sedang melakukan tindakan nakal. Dengan tubuh dan kakinya yang besar, hewan itu menghancurkan sebuah mobil di Taman Nasional Khao Yai, dekat Bangkok, Thailand. Ia bahkan menduduki kendaraan yang berisi manusia itu.

Kejadian mengerikan itu terjadi di tengah musim kawin para gajah. Awalnya, mobil berwarna perak, yang membawa rombongan sebuah keluarga, sedang dalam perjalanan melintasi area taman nasional. Para penumpangnya akan menghadiri acara peringatan hari anak di dekat area itu.

Mengetahui ada seekor gajah jantan yang berjalan mendekati mobilnya, sang pengemudi pun terpaksa menghentikan laju kendaraannya. Pasrah. Sementara pengendara mobil lain berusaha menghindar sejauh mungkin dari hewan itu.

Dalam rekaman video yang diambil saat kejadian, terlihat si gajah menaikkan satu kaki belakangnya ke kap mobil, lalu giliran bokongnya, nyaris menduduki bagian depan mobil yang tak seberapa besar itu.

Tak cuma itu, hewan besar tersebut lalu berusaha menginjak bahkan melompati mobil. Setelah beberapa lama, si gajah meninggalkan 'korbannya' dalam kondisi penyok di sana sini, bemper depan yang hancur, dan kaca depan retak.

Untung saja keluarga yang berada di dalam kendaraan tersebut tidak terluka. Tapi pastinya, mereka shock bukan kepalang.

Dan insiden seperti itu bukan kali pertama terjadi di Taman Nasional Khao Yai. Sebelumnya, seekor gajah merusak 3 kendaraan yang diparkir di area taman nasional.

Hingga kini belum diketahui secara jelas apakah kedua insiden tersebut melibatkan gajah yang sama.

Kepada The National, Patarapol Maneeorn yang berprofesi sebagai dokter hewan mengatakan, gajah biasanya tidak mendekati mobil. Makhluk tersebut mungkin stres di tengah musim kawin.

"Pada musim kawin, gajah mungkin mengalami tekanan. Lalu lalang kendaraan bisa jadi menambah tingkat stresnya," kata Patarapol Maneeorn.

Gajah jantan biasanya dipaksa keluar dari kawanan mereka ketika telah mencapai usia reproduksi, sehingga mereka tidak kawin dengan saudara sedarahnya. Itu mengapa mereka berkeliaran sendirian.

Menyusul insiden penyerangan mobil oleh para gajah, pihak taman nasional memperingatkan para pengemudi untuk meningkatkan kehati-hatian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.