Sukses

Pelaku Teror New York Mengaku Beraksi atas Nama ISIS

Pelaku teror New York, Akayed Ullah, mengaku melakukan serangan atas nama ISIS dan terinspirasi oleh kelompok militan tersebut.

Liputan6.com, New York - Pada 11 Desember 2017 pukul 07.20, pengguna kereta bawah tanah (subway) di New York dikejutkan dengan suara ledakan. Peristiwa itu terjadi di dekat Terminal Bus Port Authority, tak jauh dari Times Square.

Pemuda berusia 27 tahun, Akayed Ullah, menjadi tersangka pelaku ledakan. Ia mengalami luka bakar parah di tubuhnya dan tiga orang lainnya dikabarkan mengalami luka-luka ringan.

Menurut aparat penegak hukum, Ullah melakukan serangan tersebut atas nama ISIS, untuk membalas dendam kematian muslim di seluruh dunia. Imigran asal Bangladesh itu mengatakan, ia mempelajari cara membuat bahan peledak secara daring dan merakit bom pipa yang digunakannya di apartemennya di Brooklyn, New York.

Dikutip dari NBC News, Selasa (12/12/2017), hingga kini aparat keamanan tak menemukan bukti bahwa montir listrik itu memiliki hubungan langsung dengan ISIS. Namun, ia mengaku geram atas serangan Amerika Serikat di wilayah yang dikuasai kelompok militan itu.

Berdasarkan keterangan pejabat, hal tersebut membuatnya berkeinginan untuk melancarkan serangan bom bunuh diri.

Ullah yang sadar bahwa ISIS kerap melancarkan serangannya menjelang Natal, memutuskan untuk memasang bahan peledak di lorong kereta bawah tanah di dekat terminal Port Authority. Pasalnya, ia melihat ada gambar yang memperlihatkan liburan Natal di sana.

Wali Kota New York, Bill de Blasio, mengatakan bahwa tersangka bertindak sendirian.

"Apa yang kami tahu adalah seseorang yang, terima kasih Tuhan, tak berhasil mewujudkan tujuannya," ujar de Blasio.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesaksian Tetangga Akayed Ullah

Ullah tiba di AS dari Bangladesh dengan visa imigran pada 21 Februari 2011. Ia saat ini menjadi penduduk permanen resmi yang memiliki green card.

Mantan tetangga Ullah, Hasan Alam, mengatakan bahwa ia tak melihatnya lagi setelah mantan sopir taksi itu pindah setahun yang lalu.

"Aku sangat terkejut. Karena ia pria yang religius dan sangat diam, dan tak terlalu suka bersosialisasi," ujar Alam.

Pejabat penegak hukum mengatakan, Ullah sempat beberapa kali bepergian ke luar negeri sejak pindah ke AS. Sebelum peristiwa pemboman New York, ia tak pernah melakukan tindak kejahatan yang membuatnya dicap sebagai orang berbahaya. Pemuda itu hanya beberapa kali mendapat tilang.

Sesaat setelah ledakan terjadi, aparat kepolisian menyisir ke setidaknya tiga alamat di Brooklyn yang terkait dengan Ullah atau kerabatnya.

Seorang mantan tetangganya mengatakan, Ullah pernah tinggal di Mill Basin bersama dengan pasangan yang lebih tua dan dua pemuda lain.

Ia mengatakan, dirinya melihat Ullah meninggalkan rumahnya dengan peralatan yang tampak seperti kamera. Tetangganya itu pun mengira kalau Ullah akan pergi bekerja.

"Keluarga itu sangat ramah, sangat baik, tapi dia (Ullah) diam. Tak pernah berbicara dengan siapa pun," ujar tetangganya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.