Sukses

Kisah Wanita Cantik Asal Bhutan yang Jadi Ratu Termuda di Dunia

Liputan6.com, Thimphu - Ratu Elizabeth II saat ini telah berusia 91 tahun. Ia sudah duduk di singgasana sejak 1952, yang membuatnya sebagai pemimpin monarki terlama di dunia, yakni 65 tahun. Sebagai perbandingan, Ratu Bhutan saat ini, Gyaltsuen Jetsun Pema Wangchuck baru berusia 27 tahun.

Karena usianya, Jetsun Pema dinobatkan sebagai ratu termuda di dunia.

Dikutip dari Indy100.com, Kamis (7/12/2017), Jetsun Pema mulai mendapat gelar ratu pada 2011, yakni kala ia menikah dengan Raja Bhutan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck.

"Saya sudah menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk menikah. Tapi, tidak masalah jika Anda menikah dengan orang yang tepat. Saya yakin saya menikah dengan orang yang tepat," kata sang raja kepada Travel and Leisure, saat ditanya soal istrinya.

Anak pertama mereka lahir pada 2016 dan diberi nama Jigme Namygyel Wangchuck.

Dalam kehidupannya, Jetsun dikenal sebagai seorang pribadi yang mencintai seni, di mana ia menerima penghargaan saat belajar di India. Di sana, sang ratu mempelajari berbagai macam pelajaran, termasuk bahasa Inggris, sejarah, ekonomi, geografi, dan seni.

Ia pun melanjutkan pendidikannya untuk mempelajari Psikologi dan Sejarah Seni di Regent's University, London.

Jetsun diketahui sebagai seorang yang mencintai kelestarian alam dan lingkungan. Ratu Bhutan itu juga dikenal sebagai aktivis bagi orang-orang difabel. Hal itu membuat banyak orang makin kepincut dengan pesona dan kebaikan hatinya.

1 dari 2 halaman

Ratu Jetsun Pema dan Kehidupan Pribadinya

Jetsun Pema lahir pada tanggal 4 Juni 1990 di Thimphu, ibu kota Bhutan. Ayahnya bernama Dhondup, seorang pilot, dan ibunya bernama Aum Sonam Chuki.

Jetsun merupakan anak kedua dari lima bersaudara dengan dua saudara laki-laki dan dua saudara perempuan.

Jetsun Pema dikenal sebagai orang biasa, tapi punya banyak koneksi dengan keluarga kerajaan.

Raja Jigme, Ratu Jetsun, Kate Middleton dan Pangeran William. (AFP)

Pertemuan antara Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Jetsun Pema terjadi pertama kali ketika Jetsun berumur 7 tahun dan Raja Jigme berusia 17, yakni kala mereka melakukan piknik keluarga.

Kala itu Jigme berjanji akan menikahi Jetsun ketika mereka telah beranjak dewasa.

Akhirnya, pada 13 Oktober 2011, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck menikahi Jetsun Pema. Upacara pernikahan diadakan di ibu kota tua Punakha, di sebuah biara Buddha abad ke-17 yang dikenal sebagai Istana Kebahagiaan Agung.

Artikel Selanjutnya
Ini Dia 5 Anak Bintang Bollywood yang Raih Sukses Besar
Artikel Selanjutnya
Berdarah Inggris, Katrina Kaif Nyaris Ditolak Bollywood