Sukses

Perjalanan Panjang Mengevakuasi WNI

Setelah menempuh perjalanan panjang, tim evakuasi warga negara indonesia di Mesir tiba di tanah air dengan membawa lebih dari 400 warga. Sementara sisanya masih menunggu giliran untuk dievakuasi. Berikut laporan perjalanan reporter SCTV Bimo Cahyo.

Liputan6.com, Kairo: Setelah menempuh perjalanan panjang, tim evakuasi warga negara indonesia di Mesir tiba di tanah air dengan membawa lebih dari 400 warga, Rabu (2/2). Sementara sisanya masih menunggu giliran untuk dievakuasi. Berikut laporan perjalanan reporter SCTV Bimo Cahyo selama bergabung dalam tim evakuasi awal WNI di Mesir.

Setidaknya memerlukan waktu 24 jam bagi tim advance evakuasi WNI untuk tiba di Bandara Internasional Kairo, Mesir. Evakuasi pun berjalan mulus meski tim sempat tertahan selama 9 jam menunggu keluarnya ijin mendarat dari pihak berwenang Mesir. Sebanyak 415 warga negara indonesia yang sebagian besar wanita dan anak-anak sudah berkumpul untuk segera diberangkatkan. Mereka pun langsung memasuki pesawat Garuda Boeing 747-400 yang disiapkan khusus untuk menjemput.    

Sejumlah WNI yang mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa di Mesir mengaku kondisi keamanan di negara itu sebenarnya sudah mulai kondusif, tetapi ketidakpastian situasi memaksa mereka memilih pulang ke tanah air. Mereka mengaku kesulitan memenuhi kebutuhan dasar seperti membeli makanan dan minuman hingga mendapatkan kiriman uang. Itu disebabkan banyak toko dan bank yang tutup, warga Mesir pun kebanyakan menghentikan segala aktivitas harian menunggu keadaan kondusif.

Saat ini pemerintah bersama tim sedang mengadakan evaluasi langkah selanjutnya, apakah evakuasi dilanjutkan atau tidak. Mengingat sebagian warga mengaku kondisi Mesir masih relatif aman, tidak seheboh yang diberitakan akhir-akhir ini. (ADI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini