Sukses

Kebakaran Dahsyat Melanda California AS, Ribuan Orang Mengungsi

Kebakaran landa California selatan. Si jago merah merambat dengan cepat dan merusak 26.000 hektare kawasan.

Liputan6.com, California - Kebakaran melanda California selatan pada Senin, 5 Desember 2017, malam waktu setempat.

Dipicu oleh angin kencang Santa Ana, si jago merah merambat dengan cepat dan merusak sekitar 26.000 hektare. Demikian seperti dikutip dari CNN, Selasa (5/12/2017).

Api juga melalap permukiman warga, menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi.

Saat pengungsian terjadi, satu orang dilaporkan tewas. Mobil korban terguling saat hendak mengevakuasi diri dari kebakaran. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ventura County, Mark Lorenzen melaporkan Senin malam waktu setempat.

Sekitar penghuni 7.786 rumah di Ventura dan Santa Paula mendapat mandat evakuasi wajib dari dinas pemadam kebakaran lokal, meski api belum menjangkau permukiman.

Evakuasi tetap dilakukan karena api yang merambat dengan cepat tanpa penghalang dapat ikut melalap Ventura dan Santa Paula.

"Api meluas tak terkendali, sehingga sejumlah bangunan dan wilayah di area dapat terancam," kata Polisi Daerah Ventura.

Anggota Polisi Daerah Ventura datang dan menggedor setiap rumah, mengimbau penduduk untuk melakukan evakuasi.

Kabar terbaru menyebut, api telah merambat ke beberapa pos pembangkit listrik di Santa Barbara dan Ventura. Akibatnya, listrik padam di permukiman dengan 260.000 penduduk tersebut. Juru Bicara California selatan, Susan Cox, melaporkan.

Bencana Bernama Thomas Fire

Bencana kebakaran yang secara kolektif disebut dengan nama Thomas Fire itu dilaporkan muncul pertama di Steckel Park, Santa Paula utara, California selatan sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Angin kencang yang bertiup dengan kecepatan sekitar 64 - 96 km/jam dan vegetasi kering di kawasan, membuat api menyebar dengan cepat.

Dalam beberapa jam, api menyebar hingga puluhan ribu hektare, termasuk ke wilayah dataran tinggi dan perimeter permukiman.

CNN melaporkan, usai api semakin mendekat, warga Santa Paula, California berbondong-bondong melakukan evakuasi dari rumah masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angin Kencang dan Kegelapan Menghalangi Upaya Pemadaman

Kebakaran yang terjadi pada malam hari, pemadaman listrik, dan angin kencang yang menerpa kawasan, mengakibatkan otoritas setempat kesulitan untuk mengerahkan pesawat serta helikopter pemadam untuk menjinakkan si jago merah dari udara.

"Kami akan mengerahkan pesawat dan helikopter setelah langit sudah mulai terang, supaya keduanya bisa terbang dengan selamat," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ventura County, Mark Lorenzen.

Untuk menjinakkan api via darat, otoritas setempat mengerahkan sekitar 500 pemadam.

Sementara untuk titik evakuasi, aparat setempat menyiapkan dua lokasi yang dikelola oleh Dinas Tanggap Darurat California dan Badan Federal Manajemen Situasi Darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini