Sukses

5 Orang Kaya Dunia Ini Tak Wariskan Harta untuk Anak, Alasannya?

Liputan6.com, New York - Kehidupan anak orang kaya sangat identik dengan hal-hal glamor dan pamer fasilitas mewah. Hidup serba berkecukupan, naik pesawat pribadi, mengenakan pakaian dan aksesoris berharga selangit.

Ternyata, hal demikian tak berlaku bagi beberapa orang terkaya di dunia. Cara didikan mereka tak sama seperti orang kaya lainnya. Mereka justru menerapkan kebijakan dan peraturan yang ketat agar anak-anak mereka dapat hidup mandiri.

Selain itu, mereka juga ingin mengubah mental anak-anaknya agar tak hanya bergantung pada kekayaan orangtua.

Beberapa orang kaya yang super tajir ini bahkan memilih untuk menyumbangkan uangnya ke badan amal dibanding foya-foya bersama buah hati terkasih.

Konon, tak ada harta warisan sedikitpun yang akan mereka berikan kepada anak-anaknya jika kelak mereka sudah tiada.

Seperti dilansir dari laman News.com.au, Selasa (5/12/2017), berikut 5 orang kaya yang enggan mewariskan kekayaan kepada anak-anaknya:

 

1 dari 6 halaman

1. Bill Gates

Bill Gates masyk daftar orang paling kaya di dunia. Meski memiliki kekayaan melimpah, dia memutuskan untuk tak mewariskan seluruh harta kepada putra dan putrinya. Gates telah memiliki rencana lain untuk menghabiskan seluruh hartanya saat dia tutup usia nanti.

Menurut Gates, ketiga anak-anaknya harus belajar bekerja guna mendapatkan apapun yang diinginkannya. Mengandalkan harta orangtua bukanlah salah satu pelajaran yang diterapkan Gates pada anaknya.

Bersama sang istri, miliarder terkaya di dunia ini memang tercatat senang memberikan donasi kepada yayasan amal dalam jumlah besar.

2 dari 6 halaman

2. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg, merupakan salah satu miliarder terkaya dunia yang berikrar tak akan mewariskan seluruh kekayaan pada dua anaknya saat dia meninggal nanti.

Bloomberg telah berjanji untuk mendedikasikan dirinya pada sejumlah kegiatan sosial dan aktif mendonasikan hartanya bagi yang membutuhkan.

Sepanjang hidupnya, pria lulusan Harvard Business School ini telah menyumbangkan uang hingga miliaran dolar termasuk ratusan juta dolar pada Gates Foundation untuk mengurangi penyebaran penyakit polio di dunia.

3 dari 6 halaman

3. Simon Cowell

Sebelum kelahiran anak laki-lakinya bernama Eric pada tahun 2014, juri ajang pencarian bakat Simon Cowell mengatakan bahwa ia tak akan mewariskan harta kekayaannya pada anaknya kelak.

Pundi-pundi uang yang selama ini ia kumpulkan akan dialihkan untuk hal lain yaitu ke badan amal.

"Saya akan meninggalkan harta saya untuk pihak lain. Lewat badan amal yang nantinya akan menolong anak-anak kurang mampu atau hewan terlantar," tambahnya.

4 dari 6 halaman

4. Mark Zuckerberg

Pendiri situs Facebook, Mark Zuckerberg bersama istrinya Priscilla Chan bertekad tak akan mewariskan harta kekayaannya kepada Maxima dan August.

Dalam sebuah pernyaraan, pasangan tersebut berjanji untuk tidak menyumbangkan sebagian besar dari kekayaan kepada buah hati.

"Kami akan memberikan 99 persen saham kami untuk keperluan lain yang bersangkutan dengan banyak orang," ujar Zuckerberg.

5 dari 6 halaman

5. Mikhail Fridman

Orang terkaya asal Rusia, Mikhail Fridman menyatakan rencana untuk tidak mewariskan sedikitpun harta pada anak-anaknya. Sebagai salah satu pendiri Genesis Philanthropy Group ini tercatat memiliki empat anak.

Miliarder ini berjanji akan menyumbangkan seluruh hartanya ke badan amal.

"Saya bukan orang yang senang berbicara di depan umum, tapi dapat dipastikan saya akan memberikan seluruh kekayaan saya untuk amal. Saya tak berencana mentransfer seluruh uang saya untuk anak-anak," tutur dia.

Menurut keyakinan dia, sang penerus akan lebih baik hidup tanpa harta warisan. Sebab saat meninggal, harta tak ikut serta dibawanya. Selalu ada yang lebih berharga dibandingkan uang, tanah, gelar atau harta.

Artikel Selanjutnya
Jadi Ahli Waris, 3 Orang Ini Malah Tolak Kekayaan Berlimpah
Artikel Selanjutnya
5 Anak Orang Kaya yang Tinggalkan Harta demi Cinta