Sukses

Kegiatan Amal Meriahkan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Singapura-RI

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Singapura, beberapa acara dan kegiatan dilangsungkan sepanjang 2017. Beberapa kegiatan tersebut meliputi turnamen futsal, konser musik, pameran lukisan dan lainnya.

Dari seluruh rangkaian tersebut, puncak acara ditandai dengan kegiatan amal bertajuk "Rising 50 Charity Bazar" yang berlangsung di Kedutaan Besar Singapura.

Beberapa produk lokal Indonesia dan Singapura dihadirkan. Mulai dari pakaian, makanan, minuman, dan aksesori.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar. Ia mengatakan, salah satu cara terbaik untuk memperingati persahabatan kedua negara dengan kegiatan amal yang dapat bermanfaat banyak bagi orang lain.

"Pada tahun ini, Indonesia dan Singapura tengah merayakan hari jadi hubungan diplomatik kedua negara yang ke-50 tahun," ujar Dubes Anil saat ditemui di sela-sela kegiatan acara amal pada Selasa, (5/12/2017) di Kedutaan Besar Singapura, Jakarta.

"Kedutaan Besar Singapura di Indonesia adalah kantor perwakilan negara yang bermukim di Jakarta. Untuk itu, pihak kami harus mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.

Dubes Anil juga mengatakan, pihak Kedubes Singapura tak akan mengambil keuntungan dari acara ini. Segala hasil penjualan dan keuntungan akan diberikan kepada warga, komunitas, dan yayasan amal.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar (liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

"Nantinya hasil penjualan akan diberikan kepada komunitas-komunitas yang ada di Jakarta. Seperti komunitas yang berfokus pada pendidikan," jelas Dubes Anil.

"Ada pula komunitas pencinta hewan yang menyelamatkan kucing dan anjing yang ditelantarkan begitu saja," tambahnya.

Tak hanya Dubes Anil, acara amal tersebut juga dihadiri oleh Yasmin Fachir, istri Wakil Menteri Luar Negeri RI.

Dalam sambutannya, Yasmin mengungkapkan rasa bahagia karena dapat hadir dalam acara amal tersebut.

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada masyarakat yang sudah hadir dan menyukseskan acara ini. Penyelenggaraan amal tahun ini sangat spesial, pasalnya bertepatan dengan 50 tahun hubungan antara pemerintah Indonesia dan Singapura," ujar Yasmin.

Hubungan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Singapura dimulai sejak 1967. Sebagai negara tetangga, kedua negara sudah menjalin kerja sama yang saling menguntungkan di bidang politik-keamanan, ekonomi, bisnis dan sosial budaya. Bagi Singapura, Indonesia adalah mitra kerja yang sangat penting karena merupakan negara besar di kawasan Asia Tenggara. (Affifa Zahra)

 

1 dari 2 halaman

Produk-Produk yang Ditawarkan

Dari sekian banyak produk unggulan yang ditawarkan dalam acara amal, salah satu makanan kemasan yang menarik minat pengunjung adalah Shiitake.

Jajanan sehat khas Singapura ini terbuat dari jamur yang sama sekali tak digoreng sehingga bebas dari minyak.

Janson Chan, pemilik dari brand asal Singapura tersebut mengaku bahwa usaha yang ia bangun sudah berdiri sejak 2016. Ia sengaja datang ke Indonesia karena mendapat undangan dari pihak Kedubes Singapura.

Tak hanya di Negeri Singa, pasar jajanan kemasan ini sudah menembus Tanah Air. Meski begitu, ia mengaku ada beberapa kendala yang ia temui saat memasarkan produknya.

Janson Chan, pemilik dari brand Mushroom Kingdom asal Singapura mengatakan bahwa jajanan yang ia jual adalah makanan sehat (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

"Perbedaan budaya adalah salah satu kendalanya. Banyak orang Singapura yang menyukai jamur jadi saya harap Indonesia juga seperti itu," ujar Janson.

"Segmen pasar kami adalah anak-anak. Dari sini kami ingin mengampanyekan jajanan sehat untuk anak. Tak perlu khawatir, pasalnya sudah ada logo halal di jajanan kami sehingga orang Indonesia bisa menikmatinya," jelas Janson.

Kenikmatan jajanan jamur ini ternyata menarik minat pengunjung yang datang, salah satunya Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar-Skoog.

"Saya datang ke sini untuk melihat produk-produk Indonesia. Ada banyak produk lokal yang begitu indah di acara amal ini. Tak lupa saya membeli jajanan jamur dan itu sangat enak," ujar Johanna.

"Saya berbelanja beberapa barang untuk hadiah Natal tahun ini. Ada batik dan aksesori-aksesori yang saya beli. Saya sangat menikmatinya," tambah Johanna.

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura
  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    Indonesia
Artikel Selanjutnya
Davao City Rayakan Perayaan HUT RI ke-72 di Hotel Marco Polo
Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Turut Meriahkan Resepsi Diplomatik di Mumbai