Sukses

Topan Anthony Terjang Queensland

Setelah dilanda hujan lebat dan banjir besar pada beberapa pekan lalu, kini kawasan pesisir pantai utara Queensland, Australia, kembali diterjang angin topan Anthony yang cukup besar, Ahad (30/1) malam, dengan kecepatan angin mencapai 150 km/jam disertai hujan lebat.

Liputan6.com, Brisbane: Setelah dilanda hujan lebat dan banjir besar pada beberapa pekan lalu, kini kawasan pesisir pantai utara Queensland, Australia, kembali diterjang angin topan Anthony yang cukup besar, Ahad (30/1) malam, dengan kecepatan angin mencapai 150 km/jam disertai hujan lebat.

Seperti dilansir Xinhua, Senin (31/1), topan Anthony menerjang kawasan tersebut pukul 22.00 waktu setempat hingga menyebabkan pohon-pohon tumbang dan puing-puing rumah yang berserakan di kawasan pusat bisnis distrik (CBD) Bowen pada Senin pagi ini. Topan kategori siklon kedua ini juga berhasil memadamkan lampu hingga sebanyak 10.000 rumah gelap gulita.

Namun, kota ini tampaknya berhasil menghindari kerusakan struktural utama dan terhindar dari ancaman banjir yang serius karena badai menghantam saat air laut dalam kondisi pasang rendah. Menurut badan prakiraan cuaca, topan dengan kekuatan dua kai lebih besar diramalkan siap kembali menerjang Queensland hingga seluruh kawasan pantai pada Rabu malam atau Kamis pekan ini.

Senior peramal cuaca dari Badan Meteorologi Quensland, Vikash Prasad, juga mengatakan topan dengan kategori siklon saru diprediksikan akan terus menguat di kawasan pantai utara Queensland selama beberapa hari mendatang. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.