Sukses

Monako Dukung Peran Indonesia dalam Ciptakan Perdamaian Dunia

Indonesia dan Monako sepakat akan pentingnya kerja sama global dalam memajukan isu kelautan dan lingkungan hidup.

Liputan6.com, Monte Carlo - Pemerintah Monako menghargai dan mendukung penuh peran penting Indonesia dalam menciptakan kestabilan di kawasan dan memelihara perdamaian internasional.

Pernyataan dukungan tersebut disampaikan oleh Kepala Pemerintahan Monako, H.E. Serge Telle, saat menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir di kediaman resminya, Jumat, 1 Desember 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Menlu Indonesia memaparkan berbagai upaya dan inisiatif Indonesia di kawasan seperti dalam isu Myanmar, Laut Tiongkok Selatan, dan penurunan ketegangan di semenanjung Korea. Demikian dilansir dari Kemlu.go.id pada Minggu (3/12/2017).

Ditekankan pula bahwa inisiatif tersebut dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan mandat konstitusi.

Dalam pembicaraan, keduanya juga sepakat akan pentingnya kerja sama global dalam memajukan isu kelautan dan lingkungan hidup.

Wamenlu secara khusus menyampaikan penghargaan atas perhatian dan inisiatif Kepala Negara Monako, Pangeran Albert II, dalam memperkuat kerja sama lingkungan di Indonesia.

Kepala Pemerintahan Monako juga menyambut baik undangan Indonesia untuk hadir dalam Our Ocean Conference yang akan digelar di Bali pada bulan Oktober 2018.

Sebagai penutup, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Monako pada tahun 2016 sebesar USD 867 ribu dengan surplus pada Indonesia sebesar USD 127,7 ribu.

Komoditas ekspor Indonesia ke Monako berupa pulp dan kertas, kayu olahan, tekstil, kulit, besi baja, mesin dan suku cadang otomotif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Monako ialah negara kota berdaulat yang terletak di Cote d'Azur, Eropa Barat
    Monako ialah negara kota berdaulat yang terletak di Cote d'Azur, Eropa Barat

    Monako

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia