Sukses

Wisatawan Asal AS Tewas Diserang Hiu Macan di Kosta Rika

Liputan6.com, Playas del Coco - Seorang pria asal Amerika Serikat dilaporkan tewas akibat diserang orang hiu macan saat tengah berada di lepas pantai Kosta Rika.

Dilansir dari laman Qcostarica.com, Minggu (3/12/2017), korban yang mengalami luka sobek pada bagian kaki tersebut diketahui bernama Bhandari.

Kejadian mengerikan tersebut dilaporkan terjadi di Taman Nasional Del Coco -- berjarak 530 kilometer dari pantai Kosta Rika.

Kawasan Taman Nasional Del Coco memang menjadi surga bagi para penyelam. Pasalnya, kawasan lepas pantai di wilayah tersebut terkenal akan arusnya yang begitu tenang.

Para petugas penjaga pantai yang melihat Bhandari dalam keadaan luka tak tinggal diam. Mereka berusaha untuk menyelamatkan nyawa perempuan berusia 49 tahun tersebut. Namun sayang, nyawa Bhandari tak dapat tertolong.

Tak hanya Bhandari, pemandu wisata yang kala itu menemaninya juga jadi korban serangan hiu macan.

Beda halnya dengan Bhandari, Jimanez hanya menderita luka gigitan di bagian kaki.

Pemandu wisata tersebut kemudian bercerita seputar kejadian yang menimpa dirinya dan 18 turis lain termasuk Bhandari.

"Serangan hewan itu begitu mematikan. Saya sudah mencoba untuk menakuti hiu tersebut, namun semua sia-sia," ujar Jimanez.

Undersea Hunter Group, pihak penyedia wisata bawah air di taman nasional tersebut mengaku terpukul akan kejadian semacam ini.

"Kini kami tengah berkoordinasi dengan pihak keluarga korban untuk proses pemulangan jenazah," ujar Steenstrup.

Sementara itu, pihak Kementerian Luar Negeri dan Energi Kosta Rika (Minae) mengaku hal ini adalah kejadian pertama yang pernah terjadi di taman nasional tersebut.

Pihak Minae membenarkan ada hiu di wilayah tersebut dan sering muncul pada subuh dan sore hari.

1 dari 2 halaman

Remaja Australia Tewas Diserang Hiu Saat Berselancar

Selain Bhandari, ada pula korban tewas yang diakibatkan oleh seekor hiu. Pada April 2017, Seorang gadis remaja tewas setelah diserang oleh seekor hiu saat berselancar di Australia Barat.

Menurut keterangan polisi, perempuan berusia 17 tahun itu menderita luka parah ketika ia ditarik ke pantai oleh ayahnya. Ia kemudian meninggal di rumah sakit.

Saat kejadian, ibu dan dua saudara gadis itu juga berada di tempat kejadian, yakni wilayah berselancar terkenal di dekat Esperance.

Dimuat oleh BBC, kejadian itu merupakan kali ketiga serangan hiu mematikan di Australia Barat dalam kurun 12 bulan.

Insiden terakhir terjadi di tempat yang sama. Kala itu, seorang peselancar kehilangan tangannya akibat serangan hiu pada 2014.

Seorang nelayan profesional, Neville Masted, mengatakan ia tak akan berselancar di wilayah itu lagi.

"Ini yang kedua kalinya di tempat yang sama. Bisa saja itu anakku (yang menjadi korban)," ujar dia kepada surat kabar The West Australian menanggapi serangan hiu tersebut.

Pantai tersebut akan ditutup setidaknya hingga 48 jam menyusul dilakukannya investigasi oleh pihak berwenang.