Sukses

Mantan Sekjen ASEAN, Surin Pitsuwan Tutup Usia

Surin Pitsuwan, mantan Sekjen ASEAN yang pernah bertugas di Jakarta itu meninggal akibat serangan jantung akut.

Liputan6.com, Bangkok - Surin Pitsuwan, mantan Menteri Luar Negeri Thailand yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN periode 2008-2012, meninggal dunia akibat serangan jantung akut pada Kamis 30 November 2017.

Politikus muslim itu menghembuskan napas terakhir pada usia 68 tahun.

Surin Pitsuwan tak sadarkan diri saat mempersiapkan diri berbicara di acara Thailand Halal Assembly 2017 di Bitec, Bang Na.

Dia segera dibawa ke Rumah Sakit Ramkhamhaeng. Namun kemudian dinyatakan meninggal dunia menurut siaran Bangkok Post yang dikutip Liputan6.com pada Kamis (30/11/2017).

Surin Pitsuwan lahir pada tanggal 28 Oktober 1949 di distrik Muang, Nakhon Si Thammarat. Dia lulus dari Claremont College California dalam ilmu politik pada tahun 1972 dan mendapatkan gelar master dari Harvard University.

Ia memasuki politik pada tahun 1986 sebagai kandidat Partai Demokrat dan memenangkan kursi di kampung halamannya di Nakhon Si Thammarat dalam semua kontes dari tahun 1986 sampai 2005.

Surin adalah wakil menteri luar negeri dari tahun 1992-95. Kariernya melejit setelah menjadi menteri luar negeri dari tahun 1997 sampai 2001 di bawah kabinet Perdana Menteri Thailand Chuan Leekpai.

Dia adalah orang Thai pertama yang menjadi Sekretaris Jenderal Asean di mana dia bertugas di Jakarta pada tahun 2008 untuk masa jabatan lima tahun sebelum bergabung kembali dengan partai Demokrat Thailand.

Sebagai mantan kolumnis Bangkok Post, Surin menjadi pembicara di Bangkok Post Forum pada 16 November tahun ini. Dia diharapkan mencalonkan diri sebagai gubernur Bangkok dalam pemilihan mendatang.

Jenazah Surin Pitsuwan akan disemayamkan di Masjid Tha It di distrik Pak Kret, provinsi Nonthaburi, pada hari Jumat sebelum dimakamkan di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.