Sukses

Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan ke Presiden Ukraina

Dubes RI untuk Ukraina menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Ukraina Petro Poroshenko pada 28 November 2017.

Liputan6.com, Kiev - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, di Istana Kepresidenan Ukraina di Kiev. Penyerahan itu dilaksanakan pada 28 November 2017.

Prosesi itu dilakukan berdasarkan protokoler pemerintah Ukraina, dimulai dengan pengarahan dari Kementerian Luar Negeri Ukraina dan dilanjutkan dengan penyambutan di Istana Presiden di Kiev.

Di Istana, Dubes RI langsung disambut Presiden dilanjutkan dengan pertemuan tête-â-tête (pertemuan pribadi empat mata) dengan Presiden Poroshenko. Demikian seperti dikutip dari rilis KBRI Kiev yang diterima Liputan6.com, Rabu (29/11/2017).

Pada kesempatan itu, Dubes Yuddy menyampaikan salam hangat dari Presiden RI, Joko Widodo dan Rakyat Indonesia kepada Presiden Poroshenko dan segenap rakyat Ukraina.

Sang dubes juga menyampaikan bahwa dirinya akan menekankan hubungan yang saling menguntungkan dengan Ukraina dan meningkatkan pertukaran budaya antara kedua bangsa.

Dalam pertemuan empat mata dengan Presiden Poroshenko, Dubes Yuddy menyampaikan, Indonesia melalui KBRI Kiev berpartisipasi dalam pembangunan anjungan dan taman Indonesia di Gryshko National Botanical Garden serta pembuatan miniatur Tanah Air di Taman Miniatur Ukraina. Pembangunan itu dilakukan dalam rangka diplomasi budaya.

Yuddy mengatakan bahwa bangunan dan arsitek yang ada di kedua tempat tersebut langsung didatangkan dari dan dikerjakan oleh orang Indonesia.

Menurut sang dubes, KBRI Kiev telah menyampaikan kepada Presiden atau Wakil Presiden RI untuk dapat meresmikan dua simbol persahabatan itu pada 2018 mendatang.

Kepada Presiden Poroshenko, Dubes Yuddy menyampaikan bahwa KBRI Kiev juga akan merancang serangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan hubungan ekonomi dan budaya.

Di tahun 2018 nanti, KBRI tengah mempersiapkan sebuah forum yang akan mempertemukan kalangan bisnis di kedua negara. Juga akan digelar Indonesia Festival di Ukraina yang menggabungkan kegiatan seni serta perdagangan dalam rangka peningkatan hubungan bilateral.

Hubungan yang telah terjalin dengan baik antar dua bangsa, diharapkan dapat terus terjalin terutama di forum internasional. Dukungan Ukraina terhadap pencalonan Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB sangat dihargai. Indonesia juga berharap akan adanya keutuhan dan kedaulatan wilayah Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.