Sukses

Top 3: Jenderal China Tersangka Korupsi Gantung Diri

Liputan6.com, Beijing - Terlibat korupsi, Jenderal China ini memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Surat kabar militer setempat mengecam keras aksi tersebut, seraya menuding hal itu dilakukan dang perwira tinggi demi menghindari hukuman dari Partai Komunis China dan hukum negara. Berita itu telah berhasil menyedot perhatian pembaca Liputan6.com kanal Global pada Rabu (29/11/2017).

Selain itu, kabar seputar patahan di utara Selandia Baru yang disinyalir dapat menghasilkan gempa mahadahsyat juga banyak disorot. Tidak hanya gempa, namun juga sebuah tsunami besar seperti yang terjadi di Aceh pada 2004.

Korea Utara pun kembali menciptakan berita yang menggegerkan banyak orang. Mereka baru saja menembakan rudal balistik (lagi) pada Rabu dini hari waktu setempat.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

 

1. Jenderal China Tersangka Korupsi Tewas Gantung Diri

Jenderal Zhang Yang dan Jenderal Fang Fenghui, perwira tinggi People's Liberation Army China yang berdinas di Central Military Commission (AP/Mark Schiefelbein)

Seorang Jenderal China tersangka kasus korupsi, ditemukan tewas di kediamannya di Beijing. Kabar itu disampaikan oleh media pemerintah China pada Selasa 28 November 2017.

Jenderal Zhang Yang yang berdinas di China Central Military Commission (CMC) -- departemen perpolitikan militer Tiongkok -- diduga bunuh diri pada 23 November 2017.

Selain itu, seorang narasumber militer China mengatakan kepada South China Morning Post (SCMP) bahwa Zhang Yang tewas akibat gantung diri.

Selanjutnya...

 

2. Lama Tidur, Patahan Ini Bisa Picu Gempa 9 SR dan Tsunami Dahsyat

Ilustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)

Patahan Hikurangi yang telah lama tidur ini ternyata bisa memicu gempa "megathrust" hingga kekuatan 9 skala Richter di negara-negara Pasifik. Tak hanya itu, lindu tersebut juga dapat memicu tsunami.

Peringatan itu disampaikan oleh seorang ilmuwan Selandia Baru. "Pada dasarnya kita harus melihat kembali ke kondisi Jepang pada 2011. Sebab, jika keseluruhan batas lempeng (plate boundary) pecah secara keseluruhan, yang akan terjadi adalah gempa dengan kekuatan 9 SR," kata ahli geologi Ursula Cochran dari perusahaan riset geosains GNS Science.

Batas lempeng Hikurangi berada di bagian timur dari kepulauan utara negara Selandia Baru, di mana lempeng tektonik Pasifik berada di bawah lempeng tektonik Australia.

Selanjutnya...

 

3. Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Arah Timur

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un menyaksikan uji coba peluncuran rudal balistik Hwasong-12 di lokasi yang tidak diketahui pada foto yang dirilis Sabtu (16/9). Rudal Hwasong-12 Korut ditembakkan menerobos langit Hokkaido, Jepang (STR / KCNA VIA KNS / AFP)

Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik pada Rabu dini hari waktu setempat.

Hal tersebut diungkap oleh Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Joint Chiefs of Staff).

Saat informasi tersebut diumumkan, rudal Korea Utara diperkirakan masih dalam posisi terbang.

Selanjutnya...

Artikel Selanjutnya
Dalami Peran Setnov di E-KTP, KPK Periksa Eks Deputi Set Wapres
Artikel Selanjutnya
KPK Periksa Mantan Dirut Percetakan Negara Terkait Kasus E-KTP