Sukses

Selain Vampir, Ini 5 Monster yang Konon Suka Minum Darah

Liputan6.com, New York - Saat kita mendengar kata 'vampir', yang pertama kali terbayangkan adalah sesosok makhluk dengan taring yang suka meminum darah manusia. Atau juga wujudnya bisa berubah menjadi seekor kelelawar.

Vampir adalah salah satu 'monster' mitologi yang paling terkenal di dunia. Mereka diyakini terlihat seperti manusia, namun sangat kejam di waktu bersamaan.

Pada kenyataannya, vampir bukanlah satu-satunya jenis monster mitologi yang meminum darah. Setiap budaya memiliki legenda sendiri.

Dikutip dari Listverse.com, Senin (27/11/2017), berikut ini adalah 5 jenis monster peminum darah selain vampir

 

1 dari 6 halaman

1. Mandurugo

Ilustrasi arwah (iStock)

Di Filipina diyakini bahwa ada sekelompok wanita cantik bersayap yang disebut dengan kinnara. Mereka adalah makhluk halus yang diketahui sangat setia dengan manusia -- khususnya laki-laki yang dicintainya. Jika laki-laki tersebut cukup bodoh untuk mematahkan hati seorang kinnara, maka ia akan berubah menjadi mandurugo yang mengerikan.

Mandurugo tetap terlihat cantik di siang hari, namun ia akan berubah di malam hari menjadi makhluk dengan lidah berbentuk tajam, berduri, dan berlubang. Ia menggunakan lidahnya yang mengerikan itu untuk meminum darah dari leher si laki-laki yang menjadi korbannya.

Jika seorang laki-laki mendapati bahwa istrinya adalah mandurugo, maka mereka akan tidur dengan pisau di tangannya. Saat ia mulai merasakan sesuatu yang aneh di lehernya, maka ia akan menusuk makhluk tersebut tepat di jantungnya.

2 dari 6 halaman

2. Kappa

Kappa (Public Domain)

Kappa adalah monster yang berasal dari Jepang. Mereka diyakini memiliki kebiasaan yang meresahkan. Bukan hanya menyedot darah seseorang, tetapi juga mencabut nyawa seseorang melalui dubur.

Kappa sering digambarkan seperti kura-kura yang menyeramkan dengan anggota tubuh yang mirip reptil dan memiliki tempurung di punggungnya. Ia juga digambarkan memiliki wajah seperti monyet. Struktur tubuhnya yang kuat, dapat menarik korban ke dalam air, tempat di mana mereka akan menyedot darah mereka.

Dikatakan bahwa kappa sering menyerang para perenang dan mencuri hati mereka. Untuk melakukan ini, mereka harus mencabut shirikodama dari dubur korban. Dalam mitologi Jepang, shirikodama adalah sesuatu yang berbentuk seperti bola di dalam dubur yang berisi nyawa seseorang.

Untuk membunuh kappa, Anda harus membungkuk kepadanya. Dengan membungkuk, cairan pemberi kehidupan akan mengalir dari kepalanya, dan ia akan mati.

3 dari 6 halaman

3. Jiangshi

Ilustrasi (iStock)

Di mitologi China, jiangshi adalah makhluk sejenis vampir yang juga diketahui dengan sebutan "vampir loncat." Jiangshi merupakan korban pembunuhan kejam atau tewas karena bunuh diri.

Ada beberapa keyakinan mengapa mereka bangkit kembali sebagai vampir loncat. Asumsi seperti roh mereka tak dapat meninggalkan tubuh, jasad yang tidak dikubur dan jika mayatnya diloncati oleh seekor kucing.

Beberapa cara untuk mengusir jiangshi yaitu, dengan memasang cermin, kayu pohon persik, air seni seorang perjaka dan kokokan ayam jantan.

4 dari 6 halaman

4. Strigoi

Ilustrasi arwah (iStock)

Menurut cerita yang berasal dari Romania, strigoi diklaim sebagai asal muasal dari Dracula dan vampir pada umumnya. Seseorang yang meninggal sebelum waktunya akan berubah menjadi strigoi. Jasad yang dilompati kucing, lahir dengan memiliki rambut dan menjadi anak ketujuh di keluarga, juga dipercayai sebagai penyebab terbentuknya strigoi.

40 hari pertama mereka akan bangkit dari kubur, kemudian mereka akan kembali dengan wujud yang sama saat hidup. Namun, strigoi menemui mereka hanya untuk meminum darah segar mereka. Setelah lewat dari 40 hari, mereka akan berubah menjadi moroi, bentuk fisik dari mayat berjalan yang menyerang manusia.

5 dari 6 halaman

5. Penanggalan

Ilustrasi arwah (iStock)

Vampir yang satu ini datang dari Asia Tenggara. Mereka dapat ditemui sebagai wanita cantik di siang hari. Namun, pada malam hari, kepala mereka akan terbang meninggalkan badannya untuk mencari dan kemudian memakan organ dalam manusia. Kepalanya yang lapar akan memilih wanita hamil dan bayi yang baru lahir untuk dimangsa.

Penanggalan akan mendarat di atas rumah di mana seorang bayi akan lahir. Vampir jenis ini akan meminum darah dari perempuan yang akan melahirkan dengan lidahnya yang panjang dan tak terlihat. Saat bayi tersebut lahir, penanggalan akan menjerit. Penanggalan yang kenyang akan mengecilkan perutnya dengan cuka agar dapat kembali ke tubuhnya. (Affifa Zahra)

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?