Sukses

5 Kota Ini Mengerikan untuk Ditinggali, Bagaimana dengan Jakarta?

Berbagai permasalahan merundung 5 kota ini, mulai dari sampah yang menggunung hingga tingginya tingkat pembunuhan. Bagaimana dengan Jakarta?

Liputan6.com, Mumbai - Saat menentukan tempat tinggal, kita pasti akan memilih lokasi yang nyaman dah aman untuk ditempati. Tapi ada juga kota-kota di dunia dengan reputasi buruk yang otomatis akan kita coret dari daftar "kota idaman".

Di dunia ini ada banyak tempat yang tidak aman untuk ditinggali. Sebagai contoh, mulai dari kualitas air yang kurang baik sampai dengan banyaknya kasus pembunuhan yang terjadi di area tersebut.

Meskipun begitu, ada juga yang memilih untuk tinggal di area tersebut sepanjang hidupnya dan masih menemukan kebahagiaan kecil ditengah-tengah kejamnya lingkungan sekitar mereka.

Mengutip dari TopTenz, Senin (27/11/2017), berikut daftar lima kota yang mengerikan untuk ditinggali:

5. Cleveland, Ohio, Amerika Serikat

Cleveland menjadi kota paling mengerikan di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan oleh daftar panjang pembunuhan berantai di kota tersebut.

Melihat dari sejarah, ada beberapa kasus pembunuhan kejam yang dilakukan di Cleveland. Ariel Castro si penculik, pembunuh berantai Jeffery Dahmer, Anthony Sowell dan Michael Madison, adalah beberapa orang dari banyak tersangka yang pernah tertangkap.

Selain itu, situasi dari kota besar yang jauh dari keramaian. Tingkat ekonominya yang sangat rendah menjadi alasan lain untuk tidak tinggal di area ini.

4. Fukushima, Jepang

Tragedi yang terjadi di Fukushima memang sudah lama terjadi, namun reaktor nuklir yang sudah rusak ternyata masih menimbulkan masalah. Selain itu, reaktor tersebut juga tidak diawasi dengan baik.

Reaktor masih akan terus mengontaminasi area sekitar untuk beberapa tahun ke depan.

Paling tidak pemerintah Jepang mengakui bahwa area sekitar sudah terkontaminasi. Pemerintah juga meyakini bahwa tingkat radiasi di Fukushima mulai menurun. Meski demikian, masyarakat tidak begitu khawatir dengan tingkat radiasi yang tinggi. Keadaan rumah-rumah di kota tersebut yang sekarang sudah 'diklaim' oleh tumbuhan liar juga membuat mereka tak terlalu memikirkannya.

Fakta mengerikan lainnya adalah babi-babi liar yang terpapar oleh radiasi menjadi lebih berbahaya, agresif, dan tidak takut dengan manusia. Lalu, radiasi tersebut juga menimbulkan masalah bagi kelenjar tiroid pada anak-anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kota Paling Berbahaya di Urutan 2 dan 3

3. Pyongyang, Korea Utara

Sudah menjadi rahasia umum jika Korea Utara adalah negara yang dipimpin oleh diktator dengan peraturan-peraturan yang tak masuk akal. Hal umum yang kita ketahui adalah masyarakat Korea Utara harus mempunyai foto para pemimpin lama dan baru di rumah mereka. 

Setiap pagi di Pyongyang, warga terbangun dengan lagu yang ditulis oleh Kim Jong Il, "Where are you dear general" tapi, dalam versi yang menyeramkan. Sedangkan versi aslinya tidak seburuk dan se-menyeramkan itu. Setelah musik itu selesai, masyarakat Pyongyang juga diharuskan mendengar propaganda yang berkumandang sepanjang hari.

2. Ecatepec, Mexico

Kota Ecatepec di Mexico dikenal sebagai kota yang kotor dan menjijikan, bahkan penduduknya sudah menyerah untuk memperbaikinya. Tetapi, hal mengerikan dari kota ini adalah tingginya tingkat pembunuhan dan hilangnya perempuan-perempuan muda di sekitar Mexico.

Para ibu yang kehilangan anak perempuannya datang ke kantor polisi dan tidak pernah mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebagian besar dari mereka membuat pengumuman pencarian di sekitar kota, berharap untuk menemukan anaknya.

Banyak warga setempat yang ingin meninggalkan kota tersebut dan juga pengalaman mengerikannya. Namun, orang-orang yang tinggal disana terbilang miskin, sehingga tidak memiliki pilihan lain selain bertahan hidup di area tesebut.

3 dari 3 halaman

Ini Kota Paling Berbahaya di Dunia

1. Mumbai, India

Pemerintah India hampir putus asa untuk mencari jalan keluar demi membebaskan Mumbai yang perlahan-lahan mulai tenggelam karena tumpukan sampah yang menggunung.

Belum lagi ada ratusan truk yang mengantre untuk membuang sampah di lahan pembuangan yang akan memperparah keadaan kota setiap harinya. Saat tempat pembuangan sampah sudah mulai penuh, beberapa orang menyarankan untuk membangun lahan pembuangan sampah yang baru. Namun, banyak orang yang cemas bahwa keputusan itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Hampir semua jenis sampah dimasukkan begitu saja ke dalam truk dan dibuang ke tempat pembuangan sampah. Saking parahnya masalah sampah di Mumbai, orang-orang bahkan membuang sampah sembarangan di jalan. Beberapa orang juga memilih untuk membakar sampahnya, padahal yang ia lakukan akan semakin memperburuk tingkat polusi udara.

Bagaimana dengan Jakarta?

Jika berbicara tentang kemacetan Jakarta, -- yang menurut sebagian dari kita adalah hal mengerikan -- ibu kota tercinta kita merupakan kota paling macet keempat di seluruh dunia, demikian dilaporkan oleh CNN pada Februari 2017.

Namun, menurut Safe Cities Index 2017 yang dilaporkan oleh The Economist Intelligence Unit, untuk masalah keselamatan, Jakarta ada di peringkat ke-57 di dunia. Jadi, apakah kamu masih mau meninggalkan Jakarta? (Affifa Zahra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini