Sukses

Terkait Insiden Oxford, WNI Diminta Tetap Waspada

Liputan6.com, London - Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di London, Inggris mengimbau kepada WNI yang berada di sekitar Oxford Station agar tetap waspada.

Peringatan ini dikeluarkan oleh pihak KBRI London menyusul pertengkaran kedua pria yang menimbulkan kepanikan di kawasan Oxford Station pada Jumat, 24 November 2017 pukul 16.30 waktu setempat.

Lewat akun Twitter resminya, pihak KBRI London meminta WNI untuk berlindung selama proses investigasi dilakukan oleh kepolisian Inggris.

Lewat akun Twitter resmi, pihak KBRI London mengimbau agar WNI yang berada di sekitar lokasi kejadian untuk tetap waspada (Twitter/@KBRILondon)

"WNI dihimbau utk mengHINDARi daerah #oxfordcircus & #oxfordstreet selama investigasi berlangsung. Bagi yang sedang berada di lokasi kiranya berlindung di dalam gedung. Hotline @KBRILondon +447795105477 & +447881221235," tulis @KBRILondon pada Sabtu (25/11/2017).

Kejadian bermula ketika polisi menerima laporan adanya penembakan di kawasan tersebut. Lautan manusia keluar dari department store Selfridges dalam kepanikan. Semua layanan kereta bawah tanah di wilayah tersebut langsung dihentikan sembari menutup akses lalu lintas.

Juru bicara Kepolisian Transportasi Inggris (BTP) mengatakan, pihaknya telah mendatangi lokasi kejadian yang diduga sebagai sumber kericuhan.

"Seluruh area telah diperiksa dengan cepat dan pihak BTP telah membuka kembali Oxford Station, Inggris, yang sebelumnya ditutup," ujar pihak BTP seperti dilansir dari laman Sky News.

Dalam rekaman kamera pemantau, ada dua pria yang semula saling berbicara dan menantang siapa saja yang ada di sekitar mereka untuk datang menghampiri. Kini, polisi Inggris masih mencari keduanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Buru 2 Pria Diduga Dalang Kepanikan

Dua orang pria yang diduga menjadi dalang kekacauan yang menimbulkan kepanikan di kawasan Oxford Station, Inggris tengah diburu oleh polisi. Insiden yang semula diduga sebagai aksi penembakan itu, dipastikan oleh polisi Inggris tak benar.

Dilansir dari laman The Guardian, Kepolisian Transportasi Inggris (BTP) telah merilis wajah kedua pelaku yang terlibat pertengkaran.

Foto pelaku, yang kini sudah tersebar di media sosial tersebut, didapatkan oleh polisi setempat lewat rekaman CCTV yang menangkap detail kejadian.

Lewat pencarian tersebut, polisi juga mengimbau agar warga dapat membantu petugas keamanan, dengan memberikan informasi apabila melihat kedua pria tersebut. Meski demikian, hingga saat ini polisi belum dapat merilis identitas pelaku.

"Kami telah merilis gambar CCTV dari dua orang pria yang diduga kuat sebagai pemicu kepanikan yang terjadi di Oxford Station," tulis Kepolisian Transportasi Inggris dalam akun Twitter @BTP.

"Bagi siapa saja yang memiliki informasi kedua pria tersebut dapat melapor lewat layanan kami di 61016," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.