Sukses

Taruna AURI dan Seniman Vietnam Gelar Pentas Seni di Hanoi

Kedutaan Besar RI di Hanoi menyelenggarakan 'Indonesia-Vietnam Friendship Cultural Night' pada Rabu, 22 November 2017.

Liputan6.com, Hanoi - Kedutaan Besar RI di Hanoi menyelenggarakan 'Indonesia-Vietnam Friendship Cultural Night'. Perhelatan yang didukung oleh Asosiasi UNESCO Hanoi itu digelar di Rumah Budaya, di Hanoi, Vietnam pada Rabu, 22 November 2017.

Kegiatan itu juga dilaksanakan dalam kesempatan kunjungan 120 Taruna Angkatan Udara (AU) Indonesia ke Hanoi.

Dalam acara perdana yang dihadiri oleh sekitar 300 penonton, taruna AU Indonesia bersama dengan sejumlah seniman Vietnam serta para penikmat seni menampilkan warisan budaya mereka melalui pertunjukan musik dan tari.

Acara pertukaran budaya itu merupakan kesempatan bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan persahabatan.

Dalam sambutan pembukaannya, Kuasa Usaha dan Ad-Interim (KUAI) dan Minister Counsellor KBRI Hanoi Suryana Sastradiredja mengatakan bahwa gelar budaya yang dilakukan oleh para taruna Angkatan Udara Indonesia ini untuk mempererat hubungan Indonesia - Vietnam melalui pertukaran budaya.

Sementara itu, Wakil Presiden Asosiasi UNESCO Hanoi, Nguyen Hong Hai berharap agar persahabatan antara Indonesia dan Vietnam yang dibangun oleh Sukarno dan Ho Chi Minh sejak kemerdekaan kedua negara pada 1945, dapat selalu dipelihara dan diteruskan ke generasi berikutnya.

Dalam acara tersebut, para taruna menampilkan Rampak Gendang dan Brass Band, tari saman dari Aceh, "Gemu Famire" dari Nusa Tenggara Timur, reog dari Jawa Timur, dan juga seni bela diri khas Indonesia, pencak silat.

Sementara itu, para seniman Vietnam menampilkan pertunjukan tarik suara dan tari, baik tradisional maupun kontemporer yang dibawakan oleh pencinta seni lintas generasi mulai dari pelajar, orang dewasa, hingga lansia.

Beberapa pertunjukan kesenian yang ditampilkan di antaranya adalah paduan suara menyanyikan "Song of Country" dan "The Beloved Country", tarian bertajuk "7 years", "Green Frog" dan beberapa tarian lainnya.

Acara kemudian ditutup dengan paduan suara dan tari berjudul "Road to ASEAN" dengan menampilkan busana nasional dan bendera 10 negara ASEAN di atas panggung.

Indonesia dan Vietnam telah memiliki kemitraan strategis sejak 2013 yang salah satu tujuannya adalah untuk memperkuat hubungan antarmasyarakat kedua negaraIndonesia - Vietnam Friendship Cultural Night adalah upaya KBRI Hanoi untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia, memperkuat hubungan persahabatan dan memperluas hubungan people-to-people.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975

    vietnam

Video Terkini