Sukses

Detik-Detik Ular Piton Muntahkan Kadal Raksasa Seberat 33 Kg

Liputan6.com, Songkhram - Seekor ular piton dengan panjang 4,2 meter ditemukan oleh warga di belakang rumah seorang wanita asal Thailand. Penemuan ular piton tersebut jadi penangkapan yang tak biasa karena hewan tersebut telah menelan kadal raksasa.

Dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (22/11/2017), ular yang diyakini berjenis piton Burma tersebut ditemukan di rumah Uraiwan Seksuk di Mueang Samut, Songkhram, Thailand bagian tengah.

Kala itu, Seksuk tengah menggantung cucian dan melihat ada ular piton diam tak bergerak di belakang halaman rumahnya.

Karena takut, wanita tersebut segera memanggil warga sekitar untuk mengevakuasi ular tersebut. Selain warga, tim penangkap ular pun datang untuk menangkap reptil tersebut.

Ular piton yang kemudian bersembunyi di dalam lubang beton di belakang rumah itu ternyata sedikit menyulitkan petugas.

Untuk itu, petugas membawa palu agar beton tersebut runtuh. Sedikit demi sedikit beton itu hancur sehingga ular piton mudah dikeluarkan.

Saat petugas mencoba mengeluarkan tubuhnya yang panjang, ular itu menunjukkan gerakan agresif. Setelah beberapa lama, ular tersebut berhasil diamankan.

Sebelum melepaskan ular tersebut ke habitat asli, warga yang melihat kejadian dibuat kaget. Pasalnya, ular itu memuntahkan makanan yang ia telan sebelumnya.

Ternyata ada kadal raksasa seberat 33 kilogram di dalam perutnya. Detik-detik ular itu muntah berhasil terekam.

Tim penyelamat mengatakan bahwa kemungkinan ular piton itu memuntahkan kadal karena merasa tertekan atas penangkapan yang ia alami.

 

1 dari 2 halaman

Ular Piton Muntahkan Kucing Berbobot 3 Kilogram

Insiden seekor ular piton yang memuntahkan kembali mangsa yang sempat ia telan juga pernah terjadi di Thailand. Beda dengan berita sebelumnya, piton ini memuntahkan kucing seberat 3 kilogram.

Dikutip dari laman AsiaOne, ular piton tersebut terlihat tak kuasa menahan sakit setelah menelan kucing berukuran tersebut.

Dalam sebuh video yang beredar di media sosial, tampak detik-detik menyeramkan sekaligus menjijikkan ketika ular piton tersebut memuntahkan kucing berbobot tiga kilogram yang diketahui bernama BoBo tersebut.

Video berdurasi tiga menit itu juga menunjukkan, petugas pengawas satwa liar tengah berupaya memindahkan ular dari kandang ke teras rumah dan memaksa si piton memuntahkan bangkai kucing tersebut.

"Meski kejadian ular piton menelan mangsa sudah terdengar biasa di Thailand, namun video ular memuntahkan kucing ini terkesan tak biasa," ujar Siroj Kamoltronwattana, seorang petugas kontrol satwa liar yang menangkap ular piton tersebut.

Kamoltronwattana juga mengatakan, kucing itu adalah salah satu dari tiga hewan peliharaan milik warga bernama Saowarak Charoen (59).

Sang pemilik kucing baru menyadari bahwa hewan peliharaannya tiada saat hendak memberi makan kepada BoBo. Ia sudah berkeliling mencari BoBo tapi tetap saja tak ditemukan.

Hingga akhirnya terlihat seekor ular piton dengan tubuh membengkak tak jauh dari kawasan rumahnya. Sejak awal, sang pemilik pun sudah menduga jika ular tersebut telah menelan hewan peliharaannya.

Melihat kondisi ini, Saowarak segera menghubungi polisi dan petugas kontrol satwa liar untuk meminta bantuan.

Bersama kedua koleganya, Kamoltronwattana membutuhkan waktu setengah jam untuk menangkap hewan melata yang tak mampu bergerak karena kekenyangan tersebut.

Setelah kucing peliharaannya berhasil dimuntahkan, sang pemilik langsung menguburkan hewan kesayangannya. Sementara, ular piton sendiri diamankan oleh petugas dan rencananya akan dilepaskan ke alam liar.